LIONEL MESSI REUTER via ANTARA
LIONEL MESSI REUTER via ANTARA

MADRID, SATELITPOST-Otoritas sepak bola Spanyol memutuskan final Copa del Rey akan dilaksanakan di tempat netral. Final antara Barcelona vs Sevilla akan dilaksanakan di stadion milik Atletico Madrid, Stadion Wanda Metropolitano pada 21 April mendatang.

Dikutip football espana, diputuskannya stadion milik Atletico karena pihak Barcelona tak mau laga pamungkas dilaksanakan di kandang milik finalis. Sebelumnya, kandang Camp Nou milik Barcelona dan kandang Ramon Sanchez Pijzuan milik Sevilla akan dijadikan tuan rumah partai puncak.

Netralitas tempat untuk partai final ini tidak akan menguntungkan dua tim yang main di puncak. Harapannya, laga akan berlangsung lebih sengit. Barcelona lolos ke final setelah di semifinal mengalahkan Valencia 3-0. Sementara, Sevilla lolos ke final setelah mengalahkan Leganes 3-1.

Bagi Blaugrana, final ini jadi yang ke lima secara beruntun. Dari empat laga final sebelumnya, tim asal Katalan itu mampu menjadi juara Copa del Rey tiga kali, yakni pada 2015, 2016, dan 2017.

Jika mampu menjadi juara pada tahun ini, maka klub yang dibela Lionel Messi itu akan makin menegaskan diri sebagai klub terbaik di Copa del Rey. Dalam sejarah Copa del Rey, klub juara Liga Champions 2015 itu telah menjadi kampiun Copa del Rey 29 kali, lebih banyak dari klub lain di Spanyol.

Maka, jika mampu menjadi juara tahun ini, mereka akan menorehkan prestasi 30 kali juara Copa del Rey. Sementara, bagi Sevilla, jika mereka juara tahun ini, maka akan menjadi trofi ke enam. Terakhir kali klub yang kini dibesut Vincenzo Montella juara Copa del Rey adalah tahun 2010.

Tempat Final Liga Champions

Stadion Wanda Metropolitano adalah kandang baru bagi Atletico Madrid. Stadion itu mulai digunakan pada musim ini. Sebelumnya, Atletico Madrid bermarkas di Vincente Calderon. Wanda Metropolitano berkapasitas 67.000 tempat duduk.

Selain untuk final Copa del Rey tahun ini, Wanda Metropolitano juga akan jadi tempat final Liga Champions 2019. Menjadi tuan rumah final Liga Champions akan jadi yang pertama kali bagi Wnada Metropolitano setelah stadion itu mulai digunakan musim ini. (lil)