Iniesta via ANTARA

KOBE, SATELITPOST-Mantan gelandang Barcelona, Andres Iniesta sudah bergabung dengan klub Jepang, Vissel Kobe tahun lalu. Iniesta pun mengungkapkan pengalamannya di Jepang seperti dikutip dari Diario Sport.

“Tidak mudah adaptasi di Jepang, baik dalam olahraga atau dalam hal personal,” kata mantan kapten Barcelona itu. Dia mengatakan, budaya di Jepang terlihat lebih kalem. Dia dan istrinya pun harus bekerja keras untuk beradaptasi dengan budaya Jepang.

Namun, dia dan istrinya berusaha menikmati pengalaman di Jepang. Sementara, anak-anak Iniesta jauh lebih mudah beradaptasi di Jepang. Diketahui, Iniesta adalah mantan pemain Barcelona. Bersama Barcelona dia mendapatkan banyak gelar. Di antaranya yang paling prestisius adalah empat kali juara Liga Champions.

Selain itu, Iniesta adalah andalan Timnas Spanyol di masanya. Iniesta adalah pahlawan Spanyol saat juara Piala Dunia 2010. Saat itu, Iniesta mencetak gol tunggal ke gawang Belanda di final. Iniesta juga menjadi bagian Timnas Spanyol saat juara Euro 2008 dan 2012. (lil)