GAIN PIERO GASPERINI

ROMA, SATELITPOST-Football italia mengutip Radio Radio menyebutkan bahwa Gian Piero Gasperini sepakat untuk melatih AS Roma musim depan. Hanya saja, pihak AS Roma belum membenarkan informasi tersebut.

Gasperini kabarnya menerima tawaran kontrak AS Roma selama tiga tahun. Setahunnya, Gasperini akan digaji 2,5 juta Euro atau kisaran Rp 40 miliar. Roma memang harus mencari pelatih baru di musim depan. Sebab, pelatih Roma saat ini, Claudio Ranieri hanya dikontrak sampai akhir musim ini.

Ranieri baru melatih Roma pada tengah musim ini setelah Eusebio Di Francesco dipecat klub asal ibu kota Italia tersebut. Saat ini AS Roma masih berjuang untuk bisa masuk empat besar klasemen akhir Liga Italia agar bisa bermain di Liga Champions musim depan. Saat ini AS Roma masih berada di posisi enam klasemen sementara Liga Italia.

Di sisi lain, Gasperini dinilai cukup berhasil melatih Atalanta. Dia mulai melatih Atalanta sejak musim 2016-2017. Di musim itu, Atalanta membuat pencapaian luar biasa. Mereka mampu berada di posisi empat klasemen akhir Liga Italia. Posisi Atalanta lebih bagus daripada klub-klub besar seperti Lazio, AC Milan, dan Inter Milan.

Saat itu, tim yang berada di posisi empat klasemen akhir Liga Italia, hanya berlaga di Liga Europa pada musim selanjutnya. Kemudian, di musim 2017-2018, Gasperini membawa Atalanta di posisi tujuh klasemen akhir Liga Italia. Di musim ini, Atalanta masih berada di posisi empat klasemen sementara Liga Italia. Jika posisi itu bertahan hingga kompetisi usai, maka Atalanta akan lolos ke Liga Champions musim depan.

Terkait Gasperini, pelatih ini memang jarang melatih klub besar. Dia hanya sekali melatih klub besar, yakni Inter Milan pada 2011. Namun, dia hanya bertahan di Inter Milan selama tiga bulan setelah Inter babak belur di Liga Italia. (lil)