LUIS Enrique (kiri) memutuskan mundur dari jabatan pelatih Timnas Spanyol. ANT RTR
Soccer Football - Spain's soccer federation presents new coach Luis Enrique - Spanish Football Federation, Las Rozas, Madrid, Spain - July 19, 2018 New Spain coach Luis Enrique with Spanish Football Federation president Luis Rubiales during the presentation REUTERS/Susana Vera

MADRID, SATELITPOST-Luis Enrique akhirnya mengundurkan diri sebagai pelatih Timnas Spanyol. Posisi Enrique digantikan oleh asistennya, Robert Moreno.

Seperti diberitakan marca, Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol Luis Rubiales mengumumkan bahwa Luis Enrique telah mengundurkan diri pada Rabu, (19/6/2019). Enrique mundur karena alasan pribadi yang tak pernah diungkap ke publik.

 

Sejak tiga bulan terakhir, Enrique memang meminta izin untuk pulang kampung menyelesaikan masalah pribadi. Tapi, tak diketahui masalah apa yang mendera Enrique. Selama tiga bulan itu, asisten pelatih Robert Moreno memegang kendali Timnas Spanyol.

 

Kemudian, Enrique pun memberi surat pada federasi perihal dia mengundurkan diri. “Saya memutuskan untuk meninggalkan jabatan sebagai pelatih Timnas Spanyol. Saya berterima kasih pada staf dan pemain atas profesionalismenya. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mengucapkan terima kasih,” begitu petikan tulisan dari surat pengunduran diri Enrique.

 

Enrique menjadi pelatih Timnas Spanyol setelah Piala Dunia 2018. Selama dipegang Enrique, Spanyol bermain 10 kali. Hasilnya, delapan laga berakhir dengan kemenangan dan dua laga berakhir dengan kekalahan. Dua kekalahan yang dialami Spanyol di bawah kendali Enrique adalah saat di ajang UEFA Nations League. Spanyol kalah dari Inggris dan Kroasia.

 

Sementara, Robert Morena akan menjadi pelatih Timnas Spanyol sampai Euro 2020. Moreno selama ini memang dikenal sebagai tangan kanan Enrique. Morena menjadi asisten pelatih bagi Enrique di beberapa klub, yakni AS Roma, Celta Vigo, dan Barcelona. Saat Enrique menjadi pelatih Timnas Spanyol pun, Moreno kembali menjadi asisten Enrique. (lil)