Pembagian Grup Liga 3, PSCS Bertemu dengan 4 Klub Tangguh

MANAGER PSCS Bambang Tujiatno saat menghadiri sosialisasi terkait regulasi Liga 3 Indonesia di Jakarta, Jumat (9/3).

CILACAP, SATELITPOST-Pembagian grup Liga 3, Putaran Nasional Babak Pendahuluan 2 telah ditentukan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Di mana PSCS tergabung dalam grup 3 bersama empat klub tangguh lainya.

PSCS akan berhadapan dengan lawan satu grupnya. Yakni Persip Pekalongan, Persijap Jepara, Persibangga Purbalingga, dan Persibas Banyumas.

Hal tersebut dibenarkan oleh Manager PSCS Cilacap Bambang Tujiatno, Senin (12/3). Setelah menghadiri sosialisasi terkait regulasi Kompetisi Liga 3 bersama 40 tim di Grand Kemang Hotel Jakarta, Jumat (9/3).

Ada 40 tim terbagi menjadi delapan grup yang masing-masing terdiri dari 5 tim. Pembagian grup berdasarkan letak geografis, sistem Home & Away, juara dan runner up grup (16 tim) lolos ke babak 32 besar, dan play off untuk peringkat ketiga, mencari 4 klub lolos ke babak 32 besar. Sehingga nantinya hanya akan ada 20 tim dalam fase tersebut, bersama 12 tim dari liga 3 Regional menjadi 32 Besar Nasional Liga 3.

Dibenarkan, setelah itu babak 32 besar akan dibagi menjadi 8 Grup dan diambil hanya juara grup untuk lolos ke babak 8 besar. Kemudian untuk promosi Liga 2 diambil 6 klub. Sementara itu kickoff direncanakan mulai Juni 2018 (H+10 setelah Lebaran).

Menanggapi pembagian grup tersebut, pelatih PSCS Cilacap Jaya Hartono mengatakan, tidak ada masalah siapa lawan yang akan dihadapi. Pasalnya, tim PSCS sudah siap. Menurutnya bahwa memang yang perlu diwaspadai adalah Persijap Jepara yang merupakan tim bagus.

“Tapi bukan berarti tim lain juga kita anggap enteng. Karena biasanya kalau melawan tim yang seperti kita yang notabene sudah persiapan lebih lama, memiliki motivasi lebih. Sehingga kita harus lebih siap secara mental maupun strategi. Selain faktor lapangan juga sangat menentukan, di mana agar strategi berjalan dengan baik,” katanya.

Terlebih pembagian grup berdasarkan letak geografis, sehingga pertandingan akan lebih panas. Adu gengsi pun akan tersaji, tidak menutup kemungkinan apapun bisa terjadi dalam  setiap pertandingan.(cr2)