ilustrasi REUTER via ANTARA
ilustrasi REUTER via ANTARA

MOSCOW, SATELITPOST-Inggris akan melawan Kroasia di laga semifinal Piala Dunia 2018, Kamis (12/7) mulai pukul 01.00 WIB. Kedua tim sudah beberapa kali bertemu di kesempatan sebelumnya.

Tercatat, sejak tahun 1996, Inggris bertemu dengan Kroasia tujuh kali. Dari tujuh kali bertemu, Inggris lebih unggul dengan empat kali mendapatkan kemenangan. Satu laga berakhir seri. Sementara, Kroasia hanya menang dua kali.

Dari tujuh laga itu, satu laga terjadi di turnamen besar yakni di Euro 2004. Saat itu, Inggris mampu mengalahkan Kroasia 4-2. Empat gol Inggris saat itu dibuat Paul Scholes, Wayne Rooney (2 gol), dan Frank Lampard. Sementara, dua gol Kroasia dibuat Igor Tudor dan Niko Kovac. Kekalahan itu membuat Kroasia tersingkir di babak grup Euro 2004. Sementara Inggris lolos ke babak perempatfinal. Sayang di babak perempatfinal, Inggris kalah adu penalti dari Portugal.

Satu lagi laga yang penting pernah terjadi antara keduanya. Laga itu terjadi pada 21 November 2007. Saat itu adalah laga akhir kualifikasi Euro 2008. Di partai itu, Inggris yang bermain di kandang sendiri, kalah 2-3 dari Kroasia. Dua gol Inggris dibuat Frank Lampard dan Peter Crouch. Sementara, tiga gol Kroasia dibuat Niko Kranjcar, Ivica Olic, dan Mladen Petric. Kekalahan 2-3 itu membuat Inggris gagal lolos ke Euro 2008. (lil)