PORTO ALEGRE, SATELITPOST-Uruguay bisa memastikan lolos ke babak gugur Copa America 2019 lebih cepat. Tanpa menunggu partai ketiga, usai partai kedua tim yang dilatih Oscar Tabarez itu bisa ke babak gugur dengan syarat mengalahkan Jepang.

 

Uruguay akan melawan Jepang di laga grup C Copa America 2019, Jumat (21/6/2019) mulai pukul 06.00 WIB. Sekadar diketahui, sebelum melawan Jepang, Uruguay menang besar 4-0 atas Ekuador. Maka, jika menang atas Jepang, Uruguay sudah menang dua kali dan memiliki nilai enam.

 

Jika mendapatkan nilai enam, Uruguay dipastikan lolos ke babak gugur terlepas apapun hasil laga ketiga melawan Chile. Potensi Uruguay mengalahkan Jepang cukup besar. Satu faktor penting yang bisa membuat Jepang kewalahan adalah soal kualitas dan jam terbang pemain.

 

Uruguay memiliki pemain-pemain berkualitas dengan jam terbang mumpuni. Beberapa nama pemain berkelas Uruguay adalah Edinson Cavani, Luis Suarez, dan Diego Godin. Sementara, pada Copa America kali ini Jepang diisi oleh banyak pemain muda. Mereka pun belum memiliki jam terbang yang bagus. Sebanyak 18 pemain Jepang yang berlaga di Copa America 2019 berusia di bawah 23 tahun.

 

Jepang memang sengaja menampung banyak pemain muda di skuatnya. Harapannya, para pemain muda itu akan memiliki jam terbang lebih bagus dan siap bermain di Olimpiade Tokyo 2020. Diketahui, untuk ajang sepak bola di Olimpiade, usia pemain adalah di bawah 23 tahun dan boleh membawa pemain senior maksimal tiga orang.

 

Kurang matangnya skuat Jepang terlihat di laga melawan Chile. Kala itu Jepang dibantai 0-4. Dalam urusan penguasaan bola dan peluang emas mencetak gol, Jepang pun kalah dari Chile. Modal Jepang hanyalah semangat pantang menyerah. Satu lagi kelebihan Jepang menurut pelatih mereka Hajime Moriyasu kala melawan Chile adalah ketenangan. “Kami tidak terlihat panik melawan tim besar,” ujarnya di situs resmi Copa America 2019. (lil)