KEPALA Perpusdes Kuncup Mekar Desa Klaces Kec Kampung Laut.

Ribuan koleksi buku terpajang di rak-rak buku yang ada di perpustakaan Desa Kuncup Mekar, Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut. Berbagai judul buku menjadi koleksi dari perpustakaan yang  lokasinya ada di belakang kantor desa ini.

 

“Yang paling banyak dicari buku-buku resep masakan yang dipinjam oleh ibu-ibu,” kata Yuli Kurmiati, Kepala Perpusdes Kuncup Mekar.

 

Meskipun mereka ada di desa terpencil yang jauh dari Kota Cilacap, namun, tingkat baca masyarakatnya sudah baik. Mulai dari ibu-ibu PKK yang aktif ke perpustakaan, untuk meminjam buku-buku resep masakan, membuat kudapan dan lainnya.

 

Selain itu, hampir setiap pagi anak-anak sekolah juga datang untuk membaca buku-buku cerita yang ada di perpustakaan ini. Apalagi, lokasi perpusdes berada di kompleks SDN 2 Ujung Alang. Buku cerita anak menjadi koleksi yang diburu oleh mereka.

 

“Setiap hari rata-rata sekitar 50 orang datang untuk membaca dan meminjam buku di perpustakaan ini,” katanya.

 

Perpustakaan yang berdiri sejak tahun 2012 ini awalnya hanya memiliki ratusan koleksi buku. Akan tetapi pengelola terus berupaya menambah koleksi buku dengan mencari donasi buku, seperti dari Yogyakarta sampai 500 koleksi buku. Selain itu juga dari dana desa yang setiap tahun dianggarkaan untuk perpusdes. Meskipun, dana yang ada tidak semuanya dibelikan koleksi buku.

 

“Kini ada sekitar 1.200 buku lebih, dan kami akan terus menambah koleks buku, karena harus selalu di-update yang baru, dan kebanyakan anak-anak sudah baca,” katanya.

 

Ruangannya perpusdes tidak terlalu besar, cukup menampung koleksi buku dan piala yang didapatkan atas prestasi dari Perpusdes Kuncup Mekar ini. Disediakan kursi dan meja di perpustakaan untuk tempat membaca, meskipun anak-anak yang meminjam lebih senang untuk lesehan saat membaca buku.

 

Selain menjadi tempat membaca dan meminjam buku, perpusdes ini juga seringkali digunakan oleh ibu-ibu PKK Desa Klaces untuk berkumpul. Sesuai dengan salah satu fungsi dari adanya perpusdes untuk meningkatkan pengetahuan dari masyarakat.

 

Bahkan, perpusdes ini pada tahun 2018 kemarin menjadi juara II Lomba Perpusdes Tingkat Kabupaten Cilacap.

 

Koleksi buku bacaan dari Perpusdes Kuncup Mekar ini bertambah dengan adanya bantuan program sosial Bank Indonesia yang diberikan pada Rabu (10/4) lalu. Ada sekitar 150 buah koleksi buku yang disumbangkan kepada perpusdes. Tidak hanya buku, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto juga menyumbangkan rak buku untuk menampung koleksi buku yang ada.

 

“Untuk buku yang diberikan disesuakan dengan minat dari masyarakat sekitar, kalau di sini banyak buku resep keperluan ibu-ibu masak, dan juga pengetahuan umum, yang menentukan dari pihak perpusdesnya karena mereka yang tahu apa yang diperlukan,” katanya.

 

Pihaknya berharap dengan bertambahknya koleksi buku, akan semakin menambah informasi dan pengetahuan masyarakat di Desa Klaces. Meskipun mereka berada di keterbatasan akses informasi, namun mereka juga bisa menambah pengetahuan melalui jendela dunia, yakni buku. (renny tania)