PEPATAH bilang rumput tetangga jauh lebih hijau dari pada rumput sendiri. Kita ngelihat kehidupan temen kayaknya fine-fine aja. Nggak ada masalah berarti. Tapi apa bener begitu?

Sebenarnya setiap orang punya masalahnya masing-masing. Ada yang berat ada juga yang ringan. Mulai dari nilai turun drastis di sekolah? Si doi putusin kita tiba-tiba? Nggak lolos universitas yang kita mau? Temen kita ngomongin kita di belakang? Atau mungkin yang lebih parah, ortu lagi sering-seringnya berantem?

Yang membedakan adalah bagaimana dia mengatasi persoalan yang dihadapi. Ada yang sukanya berkutat pada masalah. Bukan pada jalan keluar. Sehingga sering kali malah menemukan kebuntuan. Ujung-ujungnya membuat mereka jadi stres. Bikin nggak fokus pada hal-hal yang sedang dilakukan. Dan lama-kelamaan ini bakal bahaya buat kesehatan kita juga lho.

Nggak harus konsultasi sama ahlinya kaya psikiater atau psikolog atau minum obat penenang biar kita bisa ngilangin stres dengan cepat, banyak banget cara yang bisa kita lakuin buat ngilangin stres.

Pertama, lihat dulu tipe masalah apa yang lagi kita hadapi, apakah termasuk masalah besar yang memang butuh waktu lama menyelesaikannya atau masalah yang bisa langsung kita selesaikan. Kalau termasuk masalah yang bisa langsung kita selesaikan lebih baik kita selesaikan terlebih dahulu agar stres kita cepat pulih walaupun rasa stres itu ga bisa hilang seketika, senggaknya kita cuma perlu memulihkan diri kita dari stres pasca mendapatkan masalah itu. Kalau masalahnya memang ga bisa langsung kita selesaikan, keep dulu aja deh kasih waktu ke diri kita buat nggak mikirin masalah itu sehari aja.

Ketika komunikasi dengan manusia tak menemukan jalan keluar, berkomunikasi dengan Tuhan adalah jalan keluarnya. Yes, ini bener-bener cara paling mujarab yang pernah ada buat ngilangin stres yang lagi kita tanggung. Kita menceritakan atau bisa dibilang curhat sama Tuhan masalah apa yang lagi kita hadapi dan kita pun harus minta pertolongan-Nya karena sesungguhnya yang ngatur semua hidup kita adalah Tuhan. Abis ini dijamin deh sedikit demi sedikit pasti tenang.

Kalau emang masalah kita bersumber dari orang-orang di sekitar kita, lebih baik kita ngejauh dulu dan kasih waktu juga tempat buat diri kita sendiri. Me time itu nggak harus ngapa-ngapain lho, dengerin musik di kamar juga itu udah cukup banget. Intinya lakukan hal yang bisa bikin kamu happy. Nonton film? Dengerin lagu? Masak? Ke salon? Belanja? Traveling? Ini bukan untuk melupakan atau lari dari masalah yang sedang kamu hadapi. Tapi agar hatimu lebih happy, sehingga kamu bisa lebih berpikir positif. Wanna try?(tha)

BAGIKAN