ANGGOTA Forum Silaturahmi Lintas Generasi Cilacap berfoto bersama di kediaman Tribowo Sudirohardjo, Sabtu (27/1).

CILACAP, SATELITPOST-Sejumlah tokoh masyarakat dari berbagai generasi membentuk Forum Silaturahmi Lintas Generasi Cilacap di kediaman Tribowo Sudirohardjo, Sabtu (27/1). Forum silaturahmi ini terbentuk atas keprihatinan kondisi bangsa saat ini, terutama masalah ekonomi serta merajalelanya narkoba.

Penggagas sekaligus Ketua Forum Silaturahmi Lintas Generasi Cilacap, Tribowo Sudihardjo mengatakan saat ini terutama pemuda sudah sangat luntur rasa nasionalismenya. Lunturnya nasionalisme ini disebabkan karena keterpurukan bidang ekonomi.

“Kalau dulu sampai sekarang, orang tergantung pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja. Kini, kita sebagai generasi muda justru harus berpikir, bagaimana bisa memberikan lapangan kerja kepada masyarakat lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, kemampuan sebuah negara ini tergantung dari kemampuan masyarakatnya, terutama ekonominya. Karena itu, melalui Forum Komunikasi Silaturahmi Lintas  Generasi ini, kembali menggaungkan semangat untuk mengembangkan potensi sumber alam yang dimiliki negeri Indonesia.

“Kita harus bisa berdiri di kaki sendiri, dan kekuatan yang ada pada kita harus dikembangkan,” katanya.

Melalui forum tersebut, Tribowo juga menegaskan agar seluruh yang hadir berkomitmen untuk Cilacap menjadi lebih baik lagi. Dengan bergerak sesuai dengan bidang masing-masing.

Sementara itu, Subiyakto Cakrawerdaya, tokoh masyarakat Cilacap mengatakan, satu upaya yang bisa dilakukan agar memiliki kedaulatan ekonomi untuk saat ini, dengan mencintai produk sendiri. Meskipun ini, kata dia, menjadi sebuah tantangan.

“Bagaimana kita akan bangkit, mulai dari hal kecil, dengan membulatkan tekad untuk mencintai produk dalam negeri. Pengorbanan kita ya dengan kemerdekaan ekonomi, mulai hari ini harus bertekad mengkonsumsi produk dalam negeri,” ujarnya yang juga sebagai mantan menteri ini.

Pada Forum Silaturahmi Lintas Generasi Cilacap ini dihadiri oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rahman, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto, tokoh politik, Akhmad Edi Susanto, anggota dewan, FKUB, Himaba, FUI, tokoh masyarakat dan lainnya. (ale)