Paguyuban Senja Indah

Memasuki usia senja, kebanyakan orang akan memilih menikmati harinya di rumah. Selain fisik yang sudah tidak sekuat masa muda, terkadang juga enggan mengikuti berbagai komunitas-komunitas sosial yang ada. Beberapa negara maju, bahkan mulai membahas aktivitas untuk ‎usia lanjut supaya tidak kesepian.

Paguyuban Senja Indah, menjadi satu komunitas sosial yang mewadahi orang lanjut usia. Di usianya yang sudah menginjak 26 tahun ini, paguyuban senja indah telah diikuti puluhan orang lansia dari Kabupaten Banyumas dan Purbalingga.

Ketua Paguyuban Senja Indah, Yulianto Lukita mengatakan, ‎komunitas yang dipimpinnya ini berdiri pada 1 Januari 1992. Dengan diprakarsai oleh tiga orang yang ketiganya sudah meninggal dunia. “Meskipun anggota paguyuban sudah berusia di atas 60 tahun, tapi kami tetap bersemangat. Paguyuban ini didirikan sebagai wadah bagi kita yang sudah berusia senja. Supaya dapat berkumpul, berkomunikasi, bersosialisasi, dan bersama menyalurkan hobi dalam kegiatan positif,” kata Yulianto.

Sebab, menurutnya, usia senja memang seharusnya diisi dengan kegiatan-kegiatan. Supaya tidak merasa kesepian dan tetap mempunyai kegiatan, dan tidak merasa tersingkirkan. “Seperti yang dikatakan psikolog UI, Wahyu Indianti, yang menyarankan supaya pensiunan bergabung atau membentuk komunitas beranggotakan orang-orang sebaya. Usia boleh lanjut, tidak berarti berhenti beraktivitas. Tetapi harus tetap mempunyai kegiatan. Jangan hanya duduk termenung menghitung hari,” katanya.

‎Berbagai kegiatan dilakukan Paguyuban Senja Indah untuk mengisi waktu anggotanya. Seperti rutin menggelar perayaan hari besar Nasional. Sebut saja Hari Kemerdekaan RI, semua anggota paguyuban selalu tampak begitu bersemangat dan atraktif saat mengikuti kegiatan peringatan kemerdekaan negeri ini.

Selain itu, setiap peringatan Hari Kartini, Paguyuban Senja Indah menurut dia juga turut ‎meramaikan. Sebab, anggota Paguyuban Senja Indah juga didominasi wanita.

Setiap ada anggota yang sakit, tidak lupa juga anggota lainnya akan turut menjenguk. Sebagai bentuk solidaritas, kekeluargaan di antaranya. Meskipun, masing-masing anggota juga telah berusia senja. “Untuk memberikan semangat, supaya lekas diberi kesembuhan,” katanya.

Tidak lupa, arisan antaranggota juga digelar setia bulannya. Melalui momen arisan tersebut, akan terjalin komunikasi antaranggota. Yang akan meningkatkan kebahagiaan dan tidak merasa kesepian lagi.

Untuk menjaga kesehatan anggotannya, Paguyuban Senja Indah  rutin menggelar senam pagi. Setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu di area GOR Satria. Selain anggota menurutnya juga bisa turut mengikuti senam tersebut. (alfi@satelitpost.com)