CEWEK mana yang nggak doyan belanja. Kayaknya hampir nggak ada. Rerata pasti suka. Cuma intensitas dan jenisnya yang berbeda.

Ada yang doyan banget belanja fashion. Mulai dari baju, sepatu, tas, aksesori, dan makeup. Ada juga yang seneng belanja buku. Kalau ada buku atau novel baru, karya pengarang idolanya pasti langsung dipantengin kapan rilis. Dan ada juga yang seneng belanja rohani. Maksudnya dia tuh suka jalan-jalan buat memenuhi kebutuhan jiwanya.

Intinya, cewek emang paling seneng buat spending money ya gaes. Apalagi sekarang ini. Di era serba digital, belanja pun udah gak musti jalan keliling mall. Kalian bisa belanja santai, dari rumah, dari atas kasur, atau sambil hangout bareng sohib.

Di era teknologi kayak sekarang ini, banyak kegiatan yang udah bisa dilakukan secara praktis dengan menggunakan internet, satu di antaranya nggak lain ya online shopping. Menurut data yang ada, jumlah masyarakat yang berbelanja secara online makin meningkat.

Kalau kalian dalam sebulan berapa sering belanja online? Biasanya produk apa yang kalian beli? Sebenarnya nggak ada yang salah dengan belanja online atau belanja konvensional. Menjadi salah kalau kalian udah mulai kecanduan. It’s mean, kamu jadi sering gelap mata beli ini itu yang kadang nggak kalian butuhkan. Yup, kalian jadi gagap menentukan mana yang namanya kebutuhan dan keinginan. Kalian jadi nggak rasional, hanya karena tulisan diskon atau sale gede-gedean yang dipromosikan.

Parahnya, kadang kalian justru kejebak tuh. Hanya karena iming-iming diskon gede, ketipu pas belanja online. Nah, biar nggak apes kayak gitu mending sebelum belanja, kalian selektif milih online shop yang dituju buat belanja. Nggak boleh asal ya.

Ingat, kebanyakan penipuan terjadi karena pembeli terlalu gampang percaya sama online store yang nggak begitu terkenal dan nggak kredibel. Usahain buat belanja di store yang udah punya nama atau terpercaya aja untuk menghindari jadi korban penipuan. Kita juga bisa ngeliat dari testimoni yang tersedia dan pernah melakukan transaksi sebelumnya di online shop tersebut. Feed instagram yang aktif dan punya follower tinggi (meski nggak selalu ya), bisa juga dijadiin ukuran sebuah online shop dapat dipercaya.

Dan yang terpenting jangan pernah tertipu harga! Ingat waspadai diskon abal-abal ya gaes. Harga-harga yang murah ini sering banget ngegoda kita dan bikin kita jadi terlalu gampang buat mutusin membeli sesuatu.

Kita harus tau barang apa yang lagi in dan harga barang itu di pasaran. Jangan-jangan penjual ngasih harga yang nggak pantas, antara terlalu mahal atau terlalu murah buat menarik pelanggan. Sebelum mutusin untuk beli suatu barang, cari tau dulu apakah harga yang dikasih worth it sama barang itu. Kalau kamu udah yakin semua beres, boleh tuh kalian bertransaksi. Oiya satu lagi, kalau bisa disarankan kalian belanja di online shop yang ada rekening bersamanya ya. Biar lebih aman, kalau ada hal-hal yang nggak sesuai, kamu bisa komplain dengan mudah. Ingat musti selektif.(tha)