KOMUNITAS Perhimpunan Pegiat Alam Ganesha Muda (PPA GASDA) adalah organisasi pecinta alam di Purbalingga memiliki anggota sekitar 500 orang. Para anggota berasal dari berbagai latar belakang. Meski demikian, tak menyurutkan kesolidan komunitas yang saat ini telah menginjak usia 31 tahun.

Ketua Umum PPA Gasda, Edwing Isnanto menuturkan ada banyak agenda PPA Gasda yang membuat talisilahturahmi di antara anggota tetap terjalin dengan erat. Satu di antaranya adalah momentum silahturahmi saat Lebaran.

“Meski tak semua anggota datang, paling tidak momentum itu bisa kembali mengumpulkan tulang yang berserak,” ujar dia.

Komunitas ini memiliki jargon yang unik yang hingga saat ini terus digenggam erat. Yakni Tan Pegat, Tan Kendat, Tan Pungkas. Kata Edwing, Persatuan, ialah langkah awal menuju azaz kebermanfaatan dan kemajuan organisasi.

Dibeberkan ada beragam program pelestarian alam yang digagas komunitas ini. Satu di antaranya yang sedang giat dilakukan adalah mawiti tuk. Yang dalam bahasa Indonesia dijabarkan sebagai upaya menghidupkan mata air.

Cara yang dilakukan adalah dengan melakukan reboisasi di daerah tangkapan air di sekitar hulu mata air. Bersama puluhan komunitas pecinta alam lain, ia melakukan reboisasi menanam sedikitnya 180 bibit pohon beringin di wilayah Dusun Gunung Malang, Desa Serang Kecamatan Karangreja. “Air itu sumber peradaban, sungai itu nadi kehidupan, semuanya berawal dari mata air, dan program ini akan kita buat lagi di daerah lain,” katanya.

Selama semua orang memiliki kesadaran yang sama untuk mewariskan kelestarian alam maka mudah bagi kami menjembatani kegiatan mereka.(min)

Rekruitmen dan Regenerasi

Selain menyelenggarakian program-program pelestarian alam, PPA Gasda juga melakukan beberapa kegiatan positif lainnya. Seperti menggelar bakti sosial berupa pengobatan gratis, pendampingan desa siaga bencana, penyelenggaraan lomba olahraga minat khusus, pendidikan anggota, serta regenerasi anggota.

Terakhir, pada bulan terakhir di tahun 2017, organisasi ini melakukan perekrutan anggota angkatan-31. Kegiatan dilaksanakan di kawasan Desa Serang Kecamatan Serang. Penutupan ditandai pencabutan kudi dan penyematan syal anggota oleh Waka Kesiswaan SMAN 1 Purbalingga, Yulinai S Pd.

PPA Gasda menggandeng Batalyon Infanteri 406/Candra Kusuma untuk mengisi materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan. Hal ini dilakukan guna terus memperbaiki model dan tata cara pendidikan agar kualitas peserta yang dihasilkan bisa sebaik mungkin.(min)