Ilustrasi

PURWOKERTO, SATELITPOST-Suasana meriah tampak di perayaan HUT ke-26 Paguyuban Senja Indah di Oemah Daun Cafe and Resto, Minggu (14/1).

Puluhan anggota yang telah berusia lanjut masih tampak bersemangat dan menikmati gelaran perayaan yang rutin dilakukan setiap tahun itu. Semua anggota yang hadir masih tampak sangat energik mengikuti serangkaian kegiatan. Dengan dimeriahkan oleh Grup Tari dari Cilacap dan Ita Dancing Group dari Purwokerto.

Ketua Paguyuban Senja Indah, Yulianto Lukita mengatakan, selama 26 tahun, pasang surut organisasi lansia sudah dialami bersama. “Usia 26 tahun bagi suatu organisasi bukanlah usia yang sebentar. Susah senang sudah kita alami bersama,” katanya.

Menurutnya, Paguyuban Senja Indah dibangun bersama oleh tiga orang sahabat, yakni Teguh Lukito, Seri Dentasari Singgih dan Elisabeth Tan Lien Tse. “Paguyuban ini dibangun sebagai wadah bagi kita yang sudah berusia senja. Supaya dapat berkumpul, berkomunikasi, bersosialisasi dan bersama menyalurkan hobi serta kegiatan positif lainnya,” kata dia.

Dengan wadah tersebut, menurut dia, orang-orang yang sudah berusia lanjut dapat terlepas dari rasa ‎kesepian. Sebab, menurutnya, usia boleh tua tapi jiwa dan semangat harus tetap muda. “Usia lanjut bukan berarti harus berhenti beraktivitas. Tapi harus tetap mempungai kegiatan, jangan duduk termenung menghitung hari,” katanya.

Bahkan, komunikasi dan jalinan persaudaraan di antara anggota Paguyuban Senja Indah menurut dia juga terjaga sangat kuat. Meskipun usia masing-masing anggota sudah tidak muda lagi, tapi setiap ada anggota yang sakit menurutnya juga selalu saling menyambangi. “Karena kita semua saudara. Harapannya Paguyuban Senja Indah selalu guyub dan rukun,” kata dia.‎ (alf)