Bekerja dibayar mungkin sudah biasa. Namun, untuk hobi yang dibayar itu sangatlah luar biasa. Hal ini seperti yang dirasakan oleh sekumpulan wanita asal Kabupaten Purbalingga yang membentuk komunitas bernama Paras. Dimana komunitas tersebut merupakan komunitas perajin berbagai aksesori rumah maupun aksesori wanita.

Menurut keterangan Ketua Paras, Trias Saraswati komunitas ini terbentuk setelah dia bertemu dengan dua orang temannya sesama crafter (perajin). Dari pertemuan tersebut mereka kemudian mengikuti berbagai macam kegiatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Dari mengikuti UMKM, kami bertemu dengan yang lainnya. Kemudian kita berusaha membentuk sebuah komunitas ataupun wadah untuk para crafter,” ujar Saras kepada SatelitPost, Jumat (20/4).

Dari pertemuan-pertemuan tersebut, anggota mereka semakin bertambah. Saat ini berjumlah 32 orang yang didominasi oleh para ibu rumah tangga. Atau mereka yang memiliki hobi yang sama.

Menjadikan Paras sebagai wadah penyambung silahturahmi para crafter Purbalingga adalah tujuan awal didirikannya komunitas ini. Seiring berjalannya waktu, Paras tak hanya menjadi wadah tapi juga tempat sharing ilmu dan pengalaman.

“Di Paras semua crafter ada. Mulai dari perajin aksesori, sulam, dan berbagai kerajinan lainnya. Jadi tidak fokus pada satu kerajinan saja,” ujarnya.

Saras mengungkapkan bagi mereka yang ingin bergabung dengan Paras, tidak memiliki syarat khusus. Cukup “bermodalkan” minat dan hobi yang sama di bidang kerajinan.

“Kalau tidak bisa (membuat kerajinan, red) setelah bergabung di Paras nanti lama kelamaan juga bisa. Kita akan berlatih bersama. Semua yang ada di sini (Paras, red) juga begitu,” kata dia.

Pertemuan anggota Paras dilakukan sebulan sekali. Pada kesempatan tersebut anggota berkesempatan untuk saling berbagi atau sekadar menjalin silahturahmi.

“Kita ada arisan memang untuk mengikat agar sering ketemuan. Nanti dalam pertemuan kita juga diwajiban secara bergiliran anggota memberikan tutorial aksesori atau hal baru, semacam presentasi kepada anggota,” ujarnya.(san)