Sejak lama, milkshake sudah menjadi minuman yang disukai banyak kalangan. Dari anak-anak hingga orang dewasa.

Campuran susu, buah yang di-blend dengan es memang sangat cocok dinikmati kapan saja terutama siang hari saat udara panas menyengat.

Kali ini Leisure Time SatelitPost bakal mengulas satu minuman yang tidak hanya dingin dan menyegarkan tapi juga menyehatkan. Yup, Milkmax namanya.

Tidak hanya mencicipi, tim Leisure bahkan berkesempatan melihat proses pembuatan hingga penyajiannya.

“Yang jadi pembeda Milkmax dari milkshake lain, tentu saja kualitas rasa susunya. Ada proses khusus untuk membuat rasa susu milkmax tetap segar, gurih, dan nikmat, apalagi jika dicampur dengan beragam rasa,” kata, Edos, HRD Milkmax.

Bahan baku utama pembuatan Milkmax ini, tentu saja susu segar yang diambil dari Koperasi Susu Milba. Milkmax menjamin, semua bahan baku dan bahan pendukung lainnya tetap terjaga kesegarannya dan selalu baru.

“Untuk susu pun ada beberapa tahapan, sebelum resmi didistribusikan ke tiap-tiap outlet,” katanya.

Setiap pagi susu dari Koperasi Susu Milba, diantarkan ke dapur produksi Milkmax. Susu kemudian diproses dengan kematangan tertentu, sesuai standar yang telah ditetapkan. Jika susu tak sesuai dengan standar, maka bahan itu terpaksa tidak digunakan.

“Susu juga ada standarnya sendiri, yang tahu cuma beberapa orang di dapur produksi kami. Jadi untuk susu yang tak memenuhi standar, pasti tidak akan kami pakai,” ujar Edos.

Tak hanya kejelian proses pada susu, buah-buahan penambah rasa Milkmax juga melalui tahapan sortir ketat.

“Buah-buahan dari petani harus segar dan berstandar tinggi, supaya tidak ada barang sisa. Stok harus habis, dan ada tim khusus untuk melihat berapa kebutuhan di masing-masing outlet,” kata Edos.

Edos selalu mengutamakan produk lokal, sesuai cita-cita Milkmax yang ingin mendukung pengembangan produk lokal.

“Tidak ada yang impor, supaya produk kami makin kental nilai lokalitasnya,” ujar Edos.

Soal rasa, hampir semua varian Milkmax punya penggemarnya sendiri. Tapi kata Edos, saat ini yang paling banyak digemari rasa cookies dan vanila.

“Kami punya 20 varian rasa, mulai buah-buahan maupun perasa lainnya,” ujarnya.

Setiap komponen bahan, Milkmax juga selalu memperhatikan kebersihan dengan standar kualitas tinggi. Bahkan, cup yang digunakan sudah berstandar food grade dan terjamin aman.

Tidak hanya wadah dan tutupnya, sampai sedotan juga sudah food grade. Milkmax sampai memperhatikan penggunaan tinta pada kemasan yang harus aman bila terkena makanan.

“Khusus untuk wadah, setiap tahun Milkmax selalu ada pembaruan dengan mengadakan kompetisi desain. Jadi selalu ada tampilan baru,” katanya.

Saat ini, sudah ada 14 gerai Milkmax di sekitar Purwokerto, Cilacap, Tegal, Pekalongan, hingga Brebes. (cr)