Nitro Cold Brew, Sensasi Kekinian Menikmati Kopi

di Ambas Kopi

BARISTA Ambas Kopi menyajikan coldbrew, Senin (30/10/2018).SATELITPOST/ALFIATIN

Saat ini, minum kopi sudah menjadi bagian dari life style masyarakat di Purwokerto. Pecinta kopi kian hari terus bertambah. Mulai dari remaja hingga dewasa. Seiring pula dengan semakin berkembangnya usaha kedai kopi di Kota Satria ini.

BARISTA dan pengunjung
menunjukkan kopi coldbrew dan
nitro coldbrew yang tersedia di
Ambas Kopi, Senin (30/10;/2018).SATELITPOST/ALFIATIN

Namun, jika biasanya kopi dihidangkan dalam keadaan panas, ada juga jenis kopi seperti latte yang dihidangkan dalam keadaan dingin. Nah di Ambas Kopi, kopinya Ampera Banyumasan menawarkan sajian kopi yang berbeda dengan cita rasa yang mantap. Yakni, Cold brew dan Nitro cold brew.

Berbeda dengan penyeduhan kopi secara manual menggunakan air panas yang dituang langsung, kopi Nitro Cold Brew ini dibuat dengan alat khusus. Prosesnya cukup panjang yakni kopi diseduh dengan air dingin sambil diinjeksi dengan nitrogen. Pembuatannya ini memakan waktu 48 jam sehingga rasa dan aroma kopi diyakini lebih keluar namun dengan tingkat keasaman yang relatif lebih rendah.

Barista Ambas Kopi, Dian mengatakan kedai miliknya memang sengaja menyajikan jenis kopi seduh dingin, cold brew dan nitro cold brew. “Saat ini terutama di Purwokerto masih sangat jarang yang menyajikan jenis kopi dalam keadaan dingin seperti coldbrew dan nitro coldbrew ini,” katanya.

Kopi yang dihidangkan dalam keadaan dingin dan diproses dengan metode dingin seperti Coldbrew ini akan memberikan sensasi yang berbeda saat dinikmati. Coldbrew ini adalah jenis kopi yang dihidangkan dalam kondisi dingin. Dingin dalam hal ini, kata dia, memang benar-benar dingin, baik dari proses pembuatannya hingga cara menghidangkannya.

“Coldbrew sendiri merupakan kopi yang dibuat dengan memakai metode perendaman selama minimal 8 jam. Untuk menyeduhnya digunakan air biasa dengan suhu ruangan atau air dingin. Yang membedakan jenis kopi ini tidak pernah terkena paparan suhu panas, sehingga tidak ikut mengekstrasi karakter asam pada kopi,” kata dia.

Kopi dengan metode Coldbrew ini kata dia, memiliki keasaman yang rendah. Sehingga saat menikmatinya, cita rasanya sangat berbeda, ada rasa manis dan sedikit asam yang berpadu sempurna. Tapi, coldbrew ini berbeda dengan kopi yang disajikan bersama es (iced coffee). Sebab, kopi Coldbrew ini sama sekali tidak menggunakan air panas dan tidak dilakukan pemanasan terhadap isi kopi.  “Sementara iced coffee adalah kopi yang sebelumnya diseduh dengan proses pemanasan dan kemudian mengalami penurunan suhu,” katanya.

Sementara kopi Nitro Cold Brew merupakan kopi variasi lain dari Coldbrew. Jika dilihat sekilas saat baru saja disajikan, Nitro Cold Brew akan terlihat sedikit mirip bir. Karena ada gelembung busa yang menempel di permukaannya.

Gelembung busa itu terjadi bukan karena mengandung alkohol, tapi kata dia karena kopinya diinfus dengan Nitrogen yang dilakukan setelah kopi melalui proses seduh dingin. “Karena melalui proses infus Nitrogen, maka rasa dari kopi ini juga akan sedikit mengalami perubahan,” katanyaSaat dinikmati,rasanya memang benar-benar menyegarkan. Dengan sensasi rasa manis creamy dan jauh lebih segar dari cold brew. Karena ada proses infus nitrogennya.

Dian mengatakan, teknik penyeduhan kopi dengan teknologi ini memang terbilang baru dan belum banyak diaplikasikan di banyak negara. Karena diseduh dengan air dingin dan disimpan dalam tabung bersuhu rendah, kopi ini hanya disajikan dalam keadaan dingin.

Menariknya lagi, menikmati kopi nitro cold brew ini juga menyehatkan. Dian mengklaim, kopi ini akan membersihkan usus dan membuang lemak. Sehingga sangat cocok untuk tambahan menu untuk yang tengah melakukan program diet. “Pokoknya akan membuat badan jauh lebih enteng,” katanya.

Nitro cold brew disajikan tanpa gula. Tapi untuk yang ingin ditambahkan gula juga bisa request ditambah gula atau madu (nitro honey). Jika Anda menikmati kopi nitro cold brew ini tanpa gula, Anda benar-benar akan merasakan kenikmatan kopi yang sesunggunya. “Orang memang harus menelan pahitmya kopi, tapi itu akan kembali. Karena kepahitan ini langkah menuju ke kesehatan,” kata dia.

Untuk menikmati satu cup cold brew di Ambas Kopi Anda tidak perlu takut. Karena sangat terjangkau, hanya mulai Rp 10 ribu saja. Selain cold brew Ambas Kopi juga menyediakan Kopi Pancuran 7, juga aneka kopi dari berbagai daerah Indonesia spesial dengan gula aren, juga kopi luwak liar dari hutan di Aceh.

“Untuk yang ingin mengenal cold brew, kami menyediakan tester juga,” kata dia. Mau? Yuk, langsung mampir ke Ambas Kopi yang ada di komplek Stasiun Timur Blok G No 3, Jl Jenderal Sudirman, Purwokerto tepatnya depan RRI Purwokerto. Atau di Ambas Kopi 2 yang ada di jalan Kolonel Sugiono atau tepatnya samping Toko Az Zahra, yang buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.30 WIB. Jika enggam keluar rumah juga bisa manfaatkan jasa Grab Food dan Fast Pos, karena Ampera Banyumasan sudah hadir di kedua aplikasi tersebut. (alfi@satelitpost.com)