APA yang Anda makan bukan saja menentukan apakah tubuh akan tetap langsing atau menjadi gemuk, namun pilihan makanan juga mempengaruhi apa yang terjadi di sel tubuh Anda. Itu sebabnya para ahli memberi perhatian khusus soal hubungan antara makanan tertentu dengan kanker.

Kini sebuah penemuan baru membenarkan teori yang menyebutkan bahwa makanan bisa melindungi tubuh dari kanker. Senyawa tertentu yang ditemukan dalam beberapa makanan ternyata bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat, ujar peneliti University of Texas di Austin.

Dikutip dari Kompas.com, mereka meneliti dan menguji 142 senyawa alami makanan dan diujicobakan pada sel kanker prostat. Lalu mereka mencari tahu senyawa mana yang bisa menghambat pertumbuhan kanker itu.

Hasilnya ditemukan bahwa asam ursolic yang ditemukan pada kulit apel dan rosemary, curcumin yang banyak terkandung dalam kunyit dan temulawak, serta resveratrol, antioksidan yang ditemukan pada angur merah dan buah berry adalah senyawa yang paling efektif melawan pertumbuhan kanker prostat.

Menariknya, para peneliti juga menemukan bahwa ketiga senyawa itu bisa bekerja bersama-sama dengan baik. Mencampurkan asam ursolic dengan resveratrol atau curcumin mencegah sel kanker mengkonsumis asam amino yang disebut glutamin. Asam ini merupakan makanan sel kanker yang membuatnya tumbuh membesar.

Para peneliti percaya bila konsentrasi senyawa-senyawa itu ditingkatkan, maka ia bisa mencegah munculnya kanker atau menjadikan sel kanker yang sudah ada kelaparan dan akhirnya mati. Meski demikian, riset ini masih dalam tahap awal, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut sebelum diterapkan dalam skala besar.(gst)

BAGIKAN