MENDAGRI Tito Karnavian Bertemu 2 Pimpinan KPK. DOKUMENTASI KEMENDAGRI

JAKARTA, SATELITPOSTGuna meningkatkan kerjasama pengawasan terhadap anggaran dana agar tepat sasaran sekaligus meminimalisir terjadinya penyimpangan. Menteri Dalam Tito Karnavian melakukan pertemuan dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (30/10). Menurut Mendagri pada tahun depan pemerintah pusat akan menggelontorkan dana sebesar Rp 800 triliun untuk pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten/ kota.

“Ini memerlukan pembinaan agar tepat sasaran, sekaligus pengawasan agar jangan sampai terjadi penyimpangan,” kata Tito.

Terkait hal itu, Tito mengaku telah menerima banyak masukan dari KPK. Menurut Tito ada delapan elemen yang perlu diawasi; mulai dari perencanaan, dana desa, manajemen aset dan lain sebagainya. Seperti dilansir Suara.com.

“Kita harapkan dengan semua masukan yang sangat detail dari KPK maka ditahun depan, saya ulangi dibulan Desember kita akan melakukan musyawarah mengundang seluruh kepala daerah untuk menyampaikan prioritas-prioritas yang perlu dilaksanakan oleh daerah dalam perencanaannya, mensinkronkan sekaligus juga mengawasi agar tidak terjadi penyimpangan,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyampaikan bahwasanya kerjasama antara pihaknya dengan Kemendagri telah terjalin selama empat tahun belakangan ini. Kedepannya, kata Alex, pihaknya akan memfokuskan kerjasama dengan Kemendagri yang berkaitan dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo. Selain Alex dalam pertemuan tersebut juga hadir Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

“Kita akan koordinasi dengan Mendagri, terutama untuk supaya daerah-daerah itu juga bisa menjabarkan visi dan misi dari bapak presiden supaya ada sinkronisasi antara program pemerintah pusat dengan program pemerintah didaerah. Itu nanti yang akan kami lakukan bersama-sama dengan Kemendagri,” ucap Alex. (nyk)