MAOS, SATELITPOST-Rupa-rupa layangan terlihat di langit-langit sekitar Kecamatan Maos beberapa hari lalu. Ada layangan dengan gambar pesawat, burung garuda, lebah dan lainnya.

Layang-layang yang ditampilkan ini merupakan hasil karya para siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Maos, yang sengaja dilombakan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia.

Mereka menerbangkan layangan ini di areal persawahan dekat sekolah yang memang sudah selesai musim panen. Sehingga bisa digunakan oleh para siswa untuk menaikan layang-layang.

Panitia lomba Supriyono mengatakan dalam lomba layang-layang ini setiap kelas dibatasi membuat dua layangan. Agar tidak terlalu banyak layangan yang diikutkan dalam perlombaan ini, serta memakan waktu lama.

“Mereka dibebaskan untuk membuat layangan sesuai keinginan, mulai dari sendaren, ikan, petekan dan lainnya,” katanya.

Para siswa-siswi yang mengikuti lomba layang-layang ini terlihat sangat antusias dengan perlombaan yang memang tidak biasa ini. Suara sorakan dan tepuk tangan juga terdengar riuh pada saat perlombaan kemarin.

Kreatifitas bentuk layang-layang menjadi satu penilaian dari para juri yang terdiri dari Supriyono, Edfin Nadir, dan Amin Kholadi. Selain kreatifitas juga dinilai dari aspek ketenangan di udara, serta lama terbang.

Setelah dilakukan penilaian, hasilnya pemenang lomba layang-layang tingkat SMP Negeri 3 Maos ini yakni, Kelaas 8 B dengan layangan berbentuk lebah, juara 2 kelas 9C dengan bentuk layangan pesawat, juara 3 dari kelas 8A dengan bentuk pesawat. Serta juara 4 dari kelas 9F dengan bentuk layangan berupa pesawat, serta kelas 8B dengan bentuk layangan burung garuda. (ale)