CILONGOK, SATELITPOST-Ratusan warga mengikuti lomba memancing yang dihelat di Sungai Prukut, Desa Karangtengah,  Kecamatan Cilongok, Minggu (27/8). Uniknya, dalam lomba memancing ini ikan yang mesti didapatkan adalah ikan uceng yang terbilang sulit dipancing.

Setelah melakukan pendaftaran dengan membayar Rp 5 ribu, ratusan peserta mulai dari anak-anak hingga orang tua, baik laki-laki maupun perempuan berebut melepaskan kail masing-masing ke dalam sungai. Kail yang saling bersangkutan pun mengundang gelak tawa karena pemilik pancing yang saling menyalahkan. Riuh penonton dengan dialek ngapak khas Banyumasan pun membuat suasana semakin semarak.

Panitia lomba mancing, Bing Urip Hartono, mengatakan, gelaran lomba mancing di Sungai Prukut ini sejatinya untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-72 RI. Namun banyak manfaat yang diambil dari kegiatan ini. Selain mengembangkan budaya mancing, menurutnya, kegiatan mancing ini juga untuk mengedukasi masyarakat agar lebih menyukai lingkungan dan sungai.

“Memancing merupakan cara konvensional selain menjala. Diharapkan, masyarakat  tidak menangkap ikan dengan cara setrum, obat, serta dengan bahan peledak karena dapat merusak ekosistem dan membahayakan diri sendiri,” katanya.

Dalam kegiatan ini, lanjut di, pihak panitia menyebar 4.500 ikan mulai dari ikan melem, dewa atau tortoso serta sejumlah jenis ikan lainnya. Namun yang berhasil mendapatkan ikan uceng terbanyaklah yang menjadi pemenang. Para peserta yang beruntung juga mendapatkan doorprise menarik seperti kulkas, sepeda ontel, televisi serta hadiah lainnya.

“‎Dengan tabur ikan ini sendiri, keberadaan ikan di sungai ini tidak punah dan semakin banyak‎. Sedangkan ikan uceng sendiri merupakan indikator jika air sungai bersih dan air tidak tercemar,” kata dia.

Seorang peserta mancing, Septi (25) mengaku, ia sengaja ikut lomba memancing ikan uceng untuk membuang penat.  Ia juga mengajak anak-anaknya duduk di pinggiran sungai bersama peserta lomba memancing lainnya. “Meski nggak dapat-dapat tapi cukup menghibur,” katanya. (rar)