WARGA, BPBD, dan Polisi saat mencoba mengevakuasi korban kecelakaan laut.ISTIMEWA
WARGA, BPBD, dan Polisi saat mencoba mengevakuasi korban kecelakaan laut.ISTIMEWA

MIRIT, SATELITPOST – Kecelakaan laut (Laka Laut) terjadi di pantai Mirit Petikusan, Kecamatan Mirit, Jumat (26/7/2019) dan merenggut nyawa seorang nelayan, sementara dua rekan seperahunya berhasil menyelamatkan diri.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) PB BPBD Kebumen melaporkan bahwa perahu nelayan dihantam ombak besar saat hendak melaut.  Diketahui identitas korban yang tewas yaitu Kasimin (43th) warga Desa Pasir RT 5 RW 3 Kec. Ayah. Sementara korban selamat yang juga merupakan saksi kejadian itu yakni Sarpon (32 th) warga RT 2 RW 2 Desa Mirit Petikusan dan Naawawi (60 th) yaitu Orangtua Korban, alamat RT 2 RW 2 Desa Mirit Petikusan.

Kepala Pelaksana BPBD Eko Widianto melalui Bagian Kordinasi Humas Heri Purwoto mengatakan, beberapa hari ini ombak cenderung tinggi. Dari BMKG dan BPBD pun telah memberi peringatan dini kepada warga yang berada di pesisir pantai. “Peringatan dini telah diinformasikan ke warga melalui media sosial dan radio komunikasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, peringatan dini ini sifatnya menghimbau agar warga memperhatikan kondisi keselamatan. Karena disadari bahwa kecelakaan laut kerap terjadi akibat warga/nelayan memaksakan melaut di saat kondisi air pasang, ombak tinggi, dan nelayan tidak sedia pelampung.

Ia menambahkan untuk meminimalisir kecelakaan laut, warga atau nelayan diminta untuk tetap memperhatikan keselamatan dan mengindahkan peringatan yang diinformasikan. (CR)