ilustrasi

KASHMIR, SATELITPOST-Nahas nasib Ayan Ali. Bocah berumur empat tahun yang hidup di Desa Jabri ini tewas usai bermain dengan bom yang disangkanya adalah mainan.
“Ia menemukan sebuah bom yang terlihat seperti mainan dan membawanya ke sini,” kata paman Ali, Abdul Qayyum, sambil menunjuk ke arah rumah mereka, dikutip dari suara.com.
Ali memperlihatkan “mainan” tersebut kepada saudara-saudaranya saat keluarga itu sedang berkumpul untuk sarapan. “Mainan” tersebut pun meledak, menewaskan Ali dan melukai delapan saudara, ibu, dan sepupu kecilnya.
“Mereka berusaha untuk merebut alat itu darinya dan ledakan terjadi. Ia tewas seketika,” ujar Qayyum. Ia menambahkan bahwa saat ini dua saudara Ali kritis di rumah sakit.
Militer Pakistan menyebut alat tersebut bom curah, sebuah senjata yang melepaskan banyak proyektil yang lebih kecil dan dapat membunuh ataupun melukai orang-orang dalam jangkauan yang lebih luas. Senjata tersebut dilarang penggunaannya di bawah Konvensi Jenewa yang mengatur hukum perang internasional.(tha)