Ilustrasi

KEDUNGBANTENG, SATELITPOST-Ditingal pergi oleh pemilik rumah ketika sedang memasak air, sebuah rumah di Desa Baseh RT 2 RW 6, terbakar. Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Namun, pemilik rumah harus menanggung kerugian mencapai jutaan rupiah, Sabtu (10/2) malam.

Menurut keterangan Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Kusworo, kebakaran tersebut menimpa rumah milik Sanwirja Tisun (65), warga Desa Baseh RT 2 RW 6.

Kejadian tersebut menurut keterangan anak korban, Sutiah (40), bermula saat keluarganya memasak air di dapur menggunakan tungku pukul 19.00 WIB. Namun, ketika memasak mereka meninggalkan rumah dalam keadaan kosong untuk pergi ke sebuah masjid.

Setelah pulang dari masjid, mereka terkejut dengan api yang telihat dari luar rumah sudah membesar dari arah dapur. Sontak Sutiah pun langsung beteriak meminta pertolongan kepada warga sekitar. Warga yang meliaht kejadian tersebut langsung bergotong royong membantu memadamkan api yang membakar rumah tersebut.

“Mereka secara gotong royong memadamkan api dengan peralatan seadanya dan api dapat dipadamkan beberapa saat kemudian,” kata Kusworo.

Namun, karena masih ada percikan api, perangkat desa kemudian menghubungi BPBD melalui HT untuk meminta bantuan ke pemadam kebakaran, hingga akhirnya dua unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi dan ikut memadamkan api. “Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Kerugian korban ditaksir mencapai Rp 5 juta,” ujarnya.(san)