Ilustrasi

SUMPIUH, SATELITPOST-Tanah longsor yang terjadi di Desa Bogangin RT 5 RW 6, Kecamatan Sumpiuh nyaris menimbun rumah milik Tuminem (66), Sabtu (6/1). Meskipun demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Menurut keterangan Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Kusworo, longsor yang terjadi di Desa Bogangin terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. “Hujan deras memang mengguyur wilayah tersebut dari sore hari hingga malam. Sehingga menyebabkan tanah longsor, tepatnya di Grumbul Pagedongan,” kata dia.

Namun, walaupun tidak ada korban jiwa, material longsoran di grumbul tersebut mengenai bagian belakang rumah Tuminem. Beberapa warga sudah membersihkan material longsor. “Tetapi di lokasi itu masih ada sebuah batu besar yang sangat membayakan rumah warga jika nanti terjadi tanah longsor susulan,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya telah melaporkan keberadaan batu besar tersebut ke pimpinan agar segera ditindaklanjuti sehingga tidak membahayakan warga sekitar. “Saat ini memang rumah tersebut masih ditempati oleh keluarga. Namun, kami mengimbau kepada masyarakat jika intensitas hujan yang turun terus tinggi agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman,” kata dia.

Masih menurut Kusworo, selama bulan Januari ini, sudah ada 10 kejadian tanah longsor di Kabupaten Banyumas. Tidak ada korban jiwa akibat 10 peristiwa tersebut. Namun, kerugian material mencapai puluhan juta rupiah.(san)

Komentar

komentar