CAMAT Nusawungu, Agus Firmanudin (kiri) saat mengikuti rapat koordinasi bersama para kepala dusun se-Kecamtan Nusawungu, Cilacap, Kamis (12/4).SATELITPOST/CR2

CILACAP, SATELITPOST- Sebanyak 20 persen target pemilih yang berada di Kecamatan Nusawungu adalah warga perantauan. Hal ini diungkapkan oleh Camat Nusawungu, Agus Firmanudin.

Hal ini, kata Agus, merupakan sebuah tantangan yang cukup berat. Mengingat dalam hitungan bulan gelaran Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah akan dilaksanakan.

“Memang 20 persen perantau. Partisipasi kita kemarin pun masih di bawah 65 persen untuk kehadiran pemilih di TPS,” kata Agus Firmanudin.

Menurutnya, saat ini masih banyak masyarakat yang merantau baik di luar pulau dan luar negeri. Sehingga tidak bisa dipastikan pada hari pencoblosan hadir untuk memberikan suaranya.

“Kita juga tidak bisa memaksakan. Walupun menjadi hari libur, karena jarak yang mungkin antar pulau, antar negara nggak cukup 1 atau 2 hari,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya terus berupaya agar yang tidak merantau bisa menggunakan hak pilihnya. Karena ditargetkan minimal ada 70 persen angka partisipasi dari jumlah pemilih.

“Sejak awal kita mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk bisa memberikan hak pilihnya. Kalau yang berada di tempat Insyaallah berangkat semua. Kecuali memang ada halangan misal sakit atau dirawat. Bahkan ketika pemilih tidak bisa hadir di TPS nanti ada petugas yang mendatangi ke rumahnya. Segala upaya kita usahakan,” katanya.

Sementara berdasarkan informasi dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Nusawungu untuk total daftar pemilih yakni sebanyak 62.566 orang.(cr2)