PURWOKERTO, SATELITPOST-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi mewanti-wanti parpol dan tim pemenangan paslon yang berlaga di Pilkada Banyumas untuk selalu berkoordinasi dengan KPU saat hendak membuat atau memasang Alat Peraga Kampanye (APK).

“Agar tertib dan meminimalisir kesalahan, APK yang dibuat pasangan calon diverifikasikan dulu ke kami (KPU, red) sebelum naik cetak,” kata dia saat memimpin Rapat Koordinasi Hasil Inventarisasi APK oleh KPU Kabupaten Banyumas, kemarin.

Menurutnya, rancangan desain APK yang diverifikasikan ke KPU akan mengurangi tingkat kesalahan dalam pembuatan APK. Imbasnya, APK yang telah dipasang akan jauh dari pelanggaran dan tidak berujung pada pencopotan.

Dalam kesempatan itu juga, Unggul menyampaikan bahwa pihak yang boleh melakukan kampanye sudah ditentukan dalam regulasi. “Yang bisa melakukan kampanye adalah calon, partai pengusul, dan tim kemenangan pasangan calon” kata dia.

Meski demikian, ada juga pihak ketiga yang bisa melakukan kampanye, yaitu relawan. Hanya saja,  Relawan bisa berkampanye saat mereka dinyatakan sebagai turunan dari tim kampanye masing-masing calon.

Hal senada juga disampaikan oleh anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Banyumas, Yon Daryono. Ia menghimbau agar tim kampanye pasangan calon memverifikasi  terlebih dahulu rencana pembuatan APK-nya.(pan)