CILACAP, SATELITPOST-Bupati Cilacap akan membentuk tim yang akan mengavaluasi kinerja jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Cilacap. Agar kinerja para OPD bisa sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Nanti untuk mengevaluasi kinerja OPD, akan dibentuk tim yang nanti di bawah wabup. Tugasnya mengevaluasi sampai dimana kinerja mereka (OPD),” ujar Bupati, Senin (10/6) kemarin.

Dibentuknya tim ini, kata bupati, agar kinerja OPD terus baik dan sesuai target. Pasalnya, saat ini Cilacap sudah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketiga kalinya. Karena itu harus terus dipertahankan agar terus mendapatkan WTP untuk ke depannya.

“Kita sudah dapat WTP, jangan sampai nanti jatuh ke lubang yang sama. Ini untuk mengevaluasi pekerjaan, jangan sampai terlambat di akhir tahun,” kata bupati.

Tim yang akan dikomando oleh wabup ini, akan terdiri dari beberapa unsur. Saat ini sedang dalam masa penggodokan yang akan masuk dalam tim tersebut.

Sementara itu, Kepala Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap Warsono mengatakan jika tim ini selain untuk kontinuitas raihan opini WTP, juga agar kinerja OPD terus meningkat.

Selain itu juga selaras dengan adanya aturan dari Presiden Joko Widodo terkait dengan penilaian kinerja ASN, yang dituangkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019. Pada aturan ini diatur sanksi bagi ASN yang tidak memperbaiki kinerjanya.

“Konsep ini sudah tertuang di Bangga Mbangun Desa, dan kita sudah mengimplementasikan itu. Jadi semua pegawai konsen untuk memberikan pelayanan terbaik,” katanya. (ale)