PURWOKERTO, SATELITPOST- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas membuka pendaftaran Relawan Demokrasi (Relasi). Pendaftaran Relasi tersebut dilakukan mulai 8-13 Maret 2018.

Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi mengatakan, dalam Pilkada serentak 2018 ini, KPU Kabupaten Banyumas tengah mencari sebanyak 50 Relasi.‎ “Mereka ini yang nantinya akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat, dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memilih,” kata Unggul.

Sementara itu, komisioner KPU Kabupaten Banyumas, Imam Arif S mengatakan, pihaknya membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bergabung dalam Relasi sesuai pengumuman KPU Kabupaten Banyumas nomor 194/PP.08.3-PU/3302/KPU-Kab/III/2018 tentang Pendaftaran Relawan Demokrasi (Relasi) “Si Balu” Pilkada Tahun 2018.

“Kami ingin mengajak masyarakat menjadi mitra kami untuk memviralkan Pilkada 2018 ke setiap pelosok di Banyumas, terutama di segmen pemilih yang ditentukan oleh peraturan KPU,” kata Imam.

Sebanyak 50 relawan demokrasi tersebut akan ditugaskan bersosialisasi di masing-masing segmen pemilih. Antara lain, pemilih pemula, agama, perempuan, penyandang disabilitas, dan marginal. Diharapkan, dengan peran petugas Relasi, tingkat partisipasi warga Banyumas dalam menyalurkan hak pilih akan meningkat.

Ia mengatakan, pendaftar diwajibkan mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi berkas persyaratan pendaftaran. Masyarakat dapat melihat pengumuman resminya di papan pengumuman dan website resmi KPU Kabupaten Banyumas, http://kab-banyumas.kpu.go.id/. (alf)