PURWOKERTO, SATELITPOST-Jumlah pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap tambahan (DPTB) di Banyumas meningkat setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 20 Tahun 2019 tentang pelayanan pindah memilih untuk empat kategori. Setelah dilakukan pendataan di lapas, rutan, rumah sakit dan puskesmas rawat inap, data jumlah pemilih ditetapkan bertambah dalam rapat pleno DPTB tahap III, Kamis (12/4) malam.

“Jumlah DPTB di Banyumas meningkat, yang masuk lebih banyak dari pada DPTB yang keluar,” kata Komisioner KPU Banyumas Divisi Teknis Penyelenggaraan, Hanan Wiyoko.

Ia mencontohkan, untuk Rutan Banyumas tadinya ada 9 orang yang masuk DPT, sekarang ada 197 pemilih. Begitu juga di RSUD Banyumas ada tambahan 72, Siaga Medika 80, dan paling banyak di RS Margono ada 144 DPTB.

“Ini awalnya tidak ada, padahal di sana tidak ada TPS, jadi nantinya akan dilayanai KPPS yang menjemput dan melayani di tempat,” katanya.

Untuk melayani pemilih tambahan ini, KPU telah merapatkan untuk bisa melayani pemilih dengan memperkirakan jumlah surat suara sehingga bisa tercukupi.

Sementara itu, Komisioner KPU Banyumas Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Khasis Munandar mengatakan dalam pleno tersebut ditetapkan untuk jumlah pemilih yang masuk ada sebanyak 7.611 yang tersebar di 285 desa da 1.473 TPS. Sedangkan untuk jumlah pemilih yang keluar ada sejumlah 7.284 tersebar di 326 desa dan 2.620 TPS.

Dalam pleno DPTB tahap II diketahui jumlah pemilih yang keluar Banyumas sebanyak 6.313 orang sedangkan yang akan pemilih yang masuk sebanyak 6.146.

Terkait dengan masyarakat yang memiliki hak pilih atau memegang e-KTP tetapi belum mengurus pindah memilih, kata dia, masih menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan e-KTP dan diberi kesempatan mencoblos pada pukul 12.00-13.00 WIB.

“Untuk pemilih yang sudah masuh DPT di daerah lain, tidak bisa menggunakan hak pilihnya di Banyumas jika belum mengurus A5. Namun, kami masih menunggu jika ada nantinya ada edaran dari KPU RI bisa ada pelayanan pengurusan A5 pada hari H pencoblosan,” katanya. (anas@satelitpost.com)