KOMISIONER KPU Banyumas, Ikhda Aniroh memberikan Bimbingan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas 2018 kepada petugas PPK di Oemah Daun Resto Purwokerto, Senin (16/4).SATELITPOST/ANANG FIRMANSYAH

PURWOKERTO, SATELITPOST- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar bimbingan teknis (bimtek) pemungutan suara di Oemah Daun Cafe and Resto, Senin (16/4/2018). Bimtek tersebut diikuti PPK dan Panwascam se-Kabupaten Banyumas.

Akuntabilitas administratifnya terkait surat suara yang turun ke TPS berapa, rusak berapa itu juga penting. Supaya tidak ada kecurigaan tidak terkontrolnya surat suara.

Unggul Warsiadi

Ketua KPU Banyumas

Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi mengatakan, bimtek tersebut digelar untuk memberikan dasar filosofi pemungutan suara bagi PPK dan Panwascam. “Selanjutnya, nanti PPK yang akan memberikan bimbingan teknis kepada PPS, begitu juga Panwascam kepada ‎PPL,” kata dia.

Hal ini dilakukan karena ada banyak hal yang harus dipenuhi dalam pemungutan suara.‎ Mulai dari teknis tempat, alur proses pemungutan dan penghitungan, logistik yang harus dipersiapkan serta personelnya. Selain itu juga disinggung layanan akses pemilu untuk difabel.

‎Ia mengatakan, dengan adanya bimtek tersebut, pemilu diharapkan bisa digelar dengan zero human error. Sehingga, KPU Kabupaten Banyumas berusaha semaksimal mungkin melakukan transfer of knowledge dari PPK sampai ke KPPS.

Hanya saja, kata dia human error dalam penghitungan perolehan suara itu kecil terjadi. Sebab, dari pemilu ke pemilu, titik tekannya kata dia lebih pada penghitungan. “Yang paling krusial‎ itu bagaimana menghitung suara masing-masing calon. Akuntabilitas administratifnya terkait surat suara yang turun ke TPS berapa, rusak berapa itu juga penting. Supaya tidak ada kecurigaan tidak terkontrolnya surat suara,” kata dia.

Dalam pelaksanaannya nanti, kata dia, surat suara akan ditambah sebanyak 2,5 persen. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi surat suara yang rusak. Sebab, di beberapa gelaran pilkada ada surat suara dengan gambar yang tidak jelas dan lainnya. (alfi@satelitpost.com)