CILACAP, SATELITPOST-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap menyerahkan berkas alat bukti yang diperlukan pada gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi. Berkas tersebut diserahkan kepada KPU Provinsi Jawa Tengah, yang nantinya diserahkan kepada KPU RI.

 

Ketua KPU Kabupaten Cilacap Handi Tri Ujiono mengatakan berkas-berkas yang dikumpulkan terkait dengan sengketa Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Sedangkan untuk permohonan sengketa Pemilu DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi Dapil Jateng 11 nihil. Serta untuk DPR RI Dapil Jateng VIII oleh Partai Berkarya tidak menyebut secara spesifik Kabupaten Cilacap sebagai wilayah yang dipersoalkan.

 

“KPU Cilacap siap menghadapi sengketa PHPU, dan sejauh ini kami tidak mendapati kendala dalam menyusun penjelasan soal dugaan-dugaan kesalahan yang disangkakan atau dimohonkan pemohon,” ujar Handi, kemarin.

 

KPU sudah menyiapkan berkas dengan sebanyak 12 rangkap dan sudah dilegalisir. Berkas tersebut sudah dibawa KPU pada Senin malam, karena pada Selasa sore kemarin harus sudah diserahkan kepada KPU.

 

Dokumen tersebut, kata dia, membantu menjelaskan tahapan-tahapan pemilu yang terlaksana di Cilacap. Mulai dari daftar pemilih, pelaksanaan sosialisasi regulasi, sosialisasi kepada masyarakat, proses pemungutan dan perhitungan suara, serta rekapitulasi dan penetapan hasil pemilu.

 

“Jika Kabupaten Cilacap disebut lebih spesifik dalam sengketa pilpres, Insyaallah bisa menjawab semua sangkaan peserta pemilu sesuai ketentuan berlaku,” katanya.

 

Handi mengatakan dalam menghadapi sengketa PHPU, KPU RI dan tim hukum mulai menyusun draft jawaban dan penyusunan alat bukti sejak Senin kemarin. Direncanakan pada Rabu ini, KPU melakukan finalisasi draft jawaban termohon, dan finalisasi daftar alat bukti tim, serta finalisasi penyusunan alat bukti oleh tim PHPU dan tim kuasa hukum.

 

Seperti diketahui Mahkamah Konstitusi menerima gugatan terkait dengan hasil pemilihan umum. Untuk menghadapi sengketa dalam persidangan di MK, KPU memanggil 34 provinsi untuk menyiapkan amunisi dalam menghadapi sengketa tersebut. (ale)

 

istimewa_KPU Cilacap menyiapkan berkas berkas alat bukti yg diperlukan dlm gugatan PHPU di MK, Senin (10/6).istimewa