KETUA KPU Cilacap, Sigit Kwartianto mengambil sumpah 72 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Umum tahun 2019, Jumat (9/3).SATELITPOST/RENNY TANIA

CILACAP, SATELITPOST-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap melantik sebanyak 72 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Umum tahun 2019, Jumat (9/3). Masing-masing kecamatan nantinya ada sebanyak tiga orang anggota PPK.

Komisioner KPU Cilacap Akhmad Kholil mengatakan, tiga orang anggota di masing-masing kecamatan yang dilantik ini diambil dari PPK pada Pilgub 2018. Mereka dipilih setelah dilakukan tahap evaluasi dan penilaian beberapa saat lalu.

“Tugas terdekat yang akan dilakukan pada proses pemutakhiran data pemilih, verifikasi calon anggota DPD,” ujarnya kemarin.

Diharapkan para anggota PPK yang sudah terlantik ini, selalu mengedepankan prinsip pemilu, yakni mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, dan efisien.

Sementara itu, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rahman yang hadir dalam pelantikan meminta agar para anggota PPK ini melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh. Pasalnya pada Pemilu 2019 mendatang tugas yang diemban akan lebih berat dibandingkan saat ini. Apalagi dengan hanya anggota yang hanya tiga orang.

“Kami menitipkan kepada PKK untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Berpeganglah pada aturan karena kerawanan politik di Pemilu 2019 akan lebih tinggi. Untuk itu butuh kekompakan dari anggota dalam melaksanakan tugas,” ujarnya.

Pasalnya pada Pemilu 2019 mendatang akan dilaksanakan lima pemilihan sekaligus, pemilihan anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan Presiden secara bersamaan.  Karena itu butuh sikap jujur, adil dan professional dari para anggota PPK.

“Terutama anggota PPK harus netral, meskipun memiliki hak pilih tetapi dalam melaksanakan tugas, harus dilandasi dengan netralisme,” katanya.

Pada pelantikan PPK kemarin, dihadiri oleh Komisioner KPU, Ketua DPRD Cilacap Taswan, Forkopimda, para Camat, dan juga para peserta pelantikan. Setelah dilakukan pelantikan, juga diberikan pembinaan kepada para anggota PPK Pemilu 2019. ([email protected])