Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

SEMARANG – Lebaran tahun ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bakal melaksanakan salat Idul Fitri di alun-alun Purwokerto pada Rabu (5/6/2016). Setelah itu Ganjar bersama istri akan menggelar open house di tiga lokasi, Purbalingga, Kutoarjo dan Karanganyar.

Untuk salat Ied, Ganjar memang selalu berpindah tempat dari satu kota ke kota lain. Jika tahun lalu Ganjar melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di alun-alun Kutoarjo, maka tahun ini Ganjar memilih tempat berbeda. “Rencananya akan sholat Ied di Banyumas,” kata Ganjar di Puri Gedeh sesaat sebelum berangkat pemantauan arus mudik beberapa daerah di Jawa Tengah, Senin (3/6).

Untuk lokasi tepatnya, Ganjar nanti akan melaksanakan salat Ied di alun-alun Purwokerto bersama masyarakat setempat. Namun sebelum salat Ied Ganjar dan keluarga akan bermalam di kampung halaman Siti Atikoh. Selepas salat Ied Ganjar juga dijadwalkan menggelar halal bihalal dengan warga Banyumas.

“Stay di sana, pagi-pagi setelah subuh kita berangkat ke Banyumas. Kita salat di sana. Sudah diagendakan halal bi halal dengan masyarakat Banyumas di pendopo kabupaten,” katanya.

Usai menggelar halal bihalal di Pendopo Kabupaten Banyumas, Ganjar bakal menggelar open house di kediaman Purbalingga. Selain di Purbalingga juga bakal digelar open house di dua tempat berbeda yang dihadiri Ganjar.

“Setelah itu siangnya balik ke purbalingga bertemu keluarga open house. Biasanya saya ada 3 titik open house. Purbalingga, hari kedua di Kutoarjo. Hari ketiga insyaAllah di tempat kelahiran saya di Tawangmangu. Selesai, siap-siap kembali bekerja lagi,” kata Ganjar.

Siang ini, setelah turut serta naik kereta ekonomi dari Jakarta ke Semarang, Ganjar yang sempat istirahat beberapa saat langsung melanjutkan perjalanannya keliling Jawa Tengah bagian tengah didampingi istri. Beberapa tempat bakal dia singgahi, sebelum berakhir di kediaman Kutoarjo.

“Hari iini rencana saya mau tour melihat posko dan tempat yang menjadi keramaian. Sekaligus pulang ke arah barat. Tapi mungkin nggak tahu sore nanti berhenti di mana. Kalau memungkinkan, kalau arahnya nanti ke Utara, potong ke tengah dan jalurnya ke selatan kemungkinan kita kan berhenti di Kutoarjo sekaligus mampir ke rumah orang tua yang ada di sana,” kata Ganjar.

Besok paginya, lanjut Ganjar, akan jalan lagi melihat kondisi di Kebumen, Banjarnegara kemudian turun dan berakhir di Purbalingga pada Selasa malam. Meski minggu terkahir di bulan Ramadan ini banyak dihabiskan keliling beberapa daerah, Ganjar justru merasa happy dan menganggap semua perjalanan itu bagian dari liburannya.

“Tiap hari buat saya wisata. ini nanti jalan juga wisata. Tadi malam pulang bersama para pemudik juga wisata, menikmati kereta. Nanti kita bisa berhenti di tempat-tempat wisata juga. Mudah mudahan yang kita cek ada tempat wisata menarik nanti kita bisa foto sebentar,” kata Ganjar.(lhr)