Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Ferry Juliantono, merasa terpanggil untuk mengikuti pesta demokrasi di Jawa Tengah (Jateng) 2018. Menurutnya, Partai Gerindra harus punya calon sendiri dalam pemilu gubernur di Jateng. Meskipun secara resmi belum turun rekomendasi dari pimpinan, Ferry sudah mulai bergerak melakukan silaturahmi hingga ke ranting di wilayah-wilayah.

Dia bahkan menggelar pertemuan bertajuk Silaturahim dan Sosialisasi Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018-2023, Kamis (12/10). Kegiatan yang dihadiri ratusan kader Gerindra itu, digelar di sebuah wisma di Jalan Ketuhu, Kelurahan Wirasana, Kecamatan/Kabupaten Purbalingga.

Ferry menyampaikan, dia merupakan satu di antara dua nama yang diperkenalkan secara resmi oleh Partai Gerindra ke seluruh pengurus DPC di 35 kabupaten/kota di Jateng. Secara bergantian, dia juga dipersilakan memaparkan visi misinya jika ditunjuk menjadi bakal calon.

ACARA Silaturahmi dan Sosialisasi Bakal Calon Gubernur Jateng tahun 2018-2023 dari Partai Gerindra, Dr H Ferry Juliantono di
Purbalingga, Kamis (12/10).

“Gerindra juga ingin punya calon sendiri dalam kontestasi pilgup Jateng. Untuk wakil, sedang kami jajaki dengan partai lain,” katanya, kemarin (12/10).

Karena itu, dia merasa perlu adanya silaturahmi dan sosialisasi kepada seluruh Kader Gerindra di wilayah Jateng. Sehingga, sampai saatnya nanti turun rekomendasi dari pimpinan partai, bakal calon sudah menjalin komunikasi dan keakraban dengan kader di seluruh wilayah.

“Sebagai wakil  Ketua umum, ini memudahkan kami berkomunikasi dengan struktur partai, bahkan sampai di kabupaten/kota, kecamatan, atau kelompok masyarakat sampai tingkat ranting,” kata dia.

Selain memperkenalkan diri dan menjalin silaturahmi, sosialisasi penting dilakukan untuk bisa mendapatkan suara. Melalui pertemuan, nanti akan disampaikan keluhan, masukan, atau pendapat, untuk bisa dijadikan program dan direaliasikan jika sudah mendapatkan amanah menjadi gubernur.

“Semua masukan, keluhan, dan pendapat ini, nantinya bisa diimplementasikan saat kampanye,”  ujarnya.

Jadikan Sektor Pertanian Jateng Jadi Unggulan

Sejak sekarang, Ferry mengaku sudah mulai merancang gagasan untuk dijadikan bahan dalam program kerjanya. Satu hal yang menjadi ide gagasannya adalah mengenai kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, saat ini Jateng butuh pemimpin yang kebijakannya benar-benar pro rakyat. Karena berpihak pada rakyat, terjun langsung pada rakyat, tentunya bisa mendengarkan masalah dan kendala yang terjadi pada masyarakat.

BAKAL Calon Gubernur Jateng dari Partai Gerindra, Dr H Ferry Juliantono (berpeci) didampingi Ketua DPC Partai
Gerindra Purbalingga, H Adi Yuwono SH (kedua dari kiri) menyalami warga dalam acara silaturahmi dan sosialisasi
di Purbalingga, Kamis (12/10).

“Jateng tidak butuh pemimpin yang penuh pencitraan. Masyarakat sudah pintar, tahu mana yang pencitraan, dan mana yang riil memihak rakyat,” ujarnya.

Tingginya angka pengangguran dan masalah upah tenaga kerja yang cenderung rendah, menjadi satu hal yang disorotinya. Selain itu, kesejahteraan masyarakat akan dibenahi melalui pembangunan pada sektor pertanian, perdagangan, dan perikanan.

“Tanpa menyalahkan siapa-siapa saat ini, kita lihat angka kemiskinan, rendahnya pertumbuhan ekonomi, kecilnya UMK di Jateng, dan tingginya pengangguran terbuka. Kondisinya diperburuk dengan minimnya lapangan pekerjaan. Ini isu utama yang ada di Jateng,” Kata Ferry.

Dia mengaku prihatin dengan nilai tukar petani di Jateng yang jatuh dan menjadi paling rendak sejak 2009 silam. Menurutnya, ini penting untuk ditangani secara serius.

Dalam misinya mendapatkan rekomendasi dari partai, serta mendapatkan dukungan kelak saat menjadi calon gubernur, Ferry bertekad harus ada perubahan di Jateng. Melalui Tagline‘Harus ada Harapan baru, Harus ada Perubahan, dan Harus ada Pembaharuan’.

BAKAL Calon Gubernur Jateng dari Partai Gerindra, Dr H Ferry Juliantono (berpeci) foto bersama usai acara di
Purbalingga, Kamis (12/10).

Dalam programnya kelak, dia juga akan mementingkan sektor pertanian. Dalam arti luas yang meliputi pertanian padi, palawija, perikanan, perkebunan, sampai sumberdaya lainnya. Jika masalah yang dialami oleh petani bisa diatasi, separuh masalah ekonomi di Jateng bisa teratasi.

“Jika bisa menjadikan sektor pertanian di Jateng sebagai sektor unggulan, itu artinya kita akan sangat mungkin menyelesaikan sebagian atau hampir sebagian masalah di Jateng,” kata Ferry.

Minimnya upah tenaga kerja, diakuinya sulih diatasi. Tetapi hal itu bisa disiasati dengan menurunkan biaya hidup sehari-hari.

“Kalau pemerintah di tingkat provinsi belum bisa menaikan upah dalam jangka pendek, harusnya bisa mengurangi biaya hidup. Pemerintah provinsi harus bisa mendukung kesejahteraan para buruh dengan menurunkan biaya kesehatan, memberikan rumah murah untuk buruh dan lainnya. Kuncinya adalah komitmen,” kata dia.

KETUA DPC Partai Gerindra Purbalingga, H Adi Yuwono SH memberi sambutan
dalam acara Silaturahmi dan Sosialisasi Bakal Calon Gubernur Jateng tahun
2018-2023, Dr H Ferry Juliantono di Purbalingga, Kamis (12/10).

Sosialisasi dan silaturhami yang dilakukan saat ini, termasuk dalam rangka merangkum suara dan keluhan masyarakat. Sehingga, dia berjanji kelak akan menyempurnakan program yang ada diusungnnya.

“Kita kampayekan, kemudian secara pasti di implementasi saat sudah turun rekomendasi. Insha Allah saat sudah diberi amanat langsung, kami implementasikan  berjalan,” ujarnya. (min/ADV)

Komentar

komentar