Prosesi pelarungan jolen Sedekah Laut Bengawan Adiraja, Jumat (5/10).SATELITPOST/AHMAD ANDRIAN

CILACAP, SATELITPOST- Rukun Nelayan Mina Mratani Desa Adiraja Kecamatan Adipala melaksanakan prosesi sedekah laut dengan melarung jolen di Pantai Sodong, Jumat (5/10). Kegiatan berjalan meriah dengan dibalut acara bertajuk Sedekah Laut Traditional Rite Bengawan Adiraja.

Diawali dengan acara Nonton Pilem Layar Tanjleb di halaman TPI Adiraja pada pukul 19.00 WIB, Kamis (4/10). Kemudian dilanjutkam dengan prosesi pelarungan jolen pada Jumat (5/10) pagi. Mulai pukul 07.30 WIB jolen diarak dari rumah adat menuju balai Desa Adiraja. Sekitar pukul 09.00 WIB jolen berangkat dari Bengawan Adiraja menggunakan perahu menuju sekitar wilayah Pantai Sodong untuk dilarung.

Kegiatan seni tradisional turut mengiringi acara. Masyarakat beramai-ramai datang dan menyaksikan prosesi tersebut.

 

Ketua kelompok Nelayan Mina Mratani Sumekto (64) mengatakan, kegiatan yang sudah berjalan sejak zaman dahulu tersebut kini dibalut lebih menarik. Sesuai dengan program pemerintah termasuk desa, diharapkan ke depan mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

“Kalau yang dilarung menurut tradisi adalah sesaji, sebetulnya bentuk ucapan terima kasih kepada Tuhan yang Maha Kuasa yang telah memberikan rahmat, nikmat sehat dan lain sebagainya,” katanya.

 

Dengan acara tersebut diharapkan rezeki yang diterima nelayan dari sektor perikanan bisa terus berjalan lancar.

Tepuk tangan dari masyarakat mengiringi pelarungan jolen. Setelah jolen dilarung para nelayan melaksanakan tasyakuran di sekitar Pantai Sodong sebelum kembali menuju Desa Adiraja. (and)