Dani Murwanti AMK, Ketua Hijabers Community Purwokerto

Dani Murwanti AMK, Ketua Hijabers Community Purwokerto berpandangan pendidikan bagi wanita sangat diperlukan. “Pendidikan itu bukan hanya untuk pria atau wanita yang mau bekerja saja. Tapi setiap wanita juga harus mengenyam pendidikan. Karena urusan ibu rumah tangga tidak serta merta hanya masak saja. Ibu rumah tangga harus mendidik anaknya, mengatur waktu untuk keluarga dan dirinya sendiri. Kalau sudah punya anak, otomatis harus menemani anak belajar, kalau anak tanya setidaknya bisa menjawab,” katanya.

Selain itu, wanita juga dituntut harus mandiri. Jangan terlalu menggantungkan pada suami.” Tapi, bukan berarti wanita mandiri supaya bisa berbuat sesuka hati tanpa mengikuti suami. Suami, tetap menjadi pemimpin, tapi ada baiknya wanita juga mandiri,” ujarnya.

Dan agar bisa mandiri selain berilmu juga mesti membekali diri dengan berbagai keterampilan. “Supaya suatu saat dia bisa mandiri mencari uang, saat suami berhalangan, wanita bisa menghasilkan uang tambahan penghasilan untuk jajan anak,” katanya.

Keterampilan tersebut menurut ibu tiga anak ini tidak akan menyita banyak waktu sebagai ibu rumah tangga. “Semisal punya keahlian rias, bisa menerima order make up momen tertentu, waktunya tidak terlalu tersita banyak. Waktu bersama keluarga tetap bisa berjalan,” ujar dia.

Ia sendiri telah menikmati hidupnya saat ini dengan mengikuti berbagai kegiatan di luar. Mulai dari Ketua Hijabers Community Purwokerto hingga Divisi Pendidikan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banyumas. Dari situ telah banyak ilmu yang ia petik.

Lelah, sudah pasti ia rasakan, tapi setiap hal selalu ia nikmati yang membuat rasa lelah akan hilang dengan sendirinya. “Karena hidup harus dinikmati dan disyukuri. Karena banyak orang yang tidak seberuntung kita. Maka, hidup harus selalu dinikmati,” ujar istri dari dr Junaedi ini. (alfi@satelitpost.com)

1. Selalu Berfikiran Positif

Menjadi ibu rumah tangga yang terbayang biasanya akan membosankan dan kurang kegiatan.  Namun hal tersebut tidak berlaku bagi seorang Dani. Ibu tiga anak ini justru sangat menikmati hari-harinya sebagai seorang ibu rumah tangga.

Ia mengungkapkan, begitu menyelesaikan studi keperawatan, ada keinginan untuk bekerja. Namun, takdir berkata lain, rencana yang sudah disusun harus rela ia simpan. Meskipun begitu, ia tidak pernah meratapi garis hidupnya, bahkan ia justru sangat menikmati setiap detik waktu dan langkah hidupnya.

Suami dan ketiga anaknya, memberikan kebahagiaan tersendiri baginya. Setiap hari memikirkan menu makanan untuk keluarga sudah menjadi rutinitasnya, tapi ia begitu menikmati, tanpa beban.  Ia tidak menyangkal jika setiap ibu rumah tangga akan mengalami kejenuhan. Tapi, ia selalu menikmatinya, seperti prinsip hidup yang selalu ia pegang, menikmati setiap langkah kehidupan. Tingkah ketiga anaknya, justru menjadi moodbooster tersendiri baginya. “Anak-anak ini menjadi penyemangat,” kata dia.

Meski menjadi ibu rumah tangga, seabrek kegiatan dan rutinitas tetap selalu ia kerjakan. Setiap hari saja, ia selalu mengantar ketiga anaknya, memasak dan membuat bekal, malamnya membantu aktivitas suami. Tapi, tidak membuatnya tampak lelah‎.

“Yang penting selalu menjaga pikiran, selalu berfikiran positif atau positif thinking. Karena pikiran sangat mempengaruhi kesehatan. Selalu bersyukur, utamakan makan masakan sendiri supaya lebih sehat, dan ibadah jangan ditinggalkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah. Jangan lupa juga olahraga,” katanya. (alf)

2. Biofile:

Dani Murwanti AMK Bersama Keluarga

Nama: Dani Murwanti AMK

Suami: dr  Junaedi

TTL: Banyumas, 30 November 1979

Alamat:  Jln Kertadirejan no 30 Rt01/03 Sokaraja Kulon, Kecamatan Sokaraja, 53181

Anak: 1. Tabina Olenka Junaedi ( 15th),

  1. Qitarah Pualani Junaedi (11th),
  2. Kenzie Dani Junaedi (9th)
BAGIKAN