Lakone

Drs Heroe Harjanto MM-Kepala Disporapar Cilacap

 

 

 

Perkembangan dan persaingan prestasi olahraga yang semakin ketat baik di tingkat daerah maupun nasional bahkan tingkat internasional menuntut peran dari pemegang kebijakan yang menangani olahraga.

Sejak menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Cilacap Drs Heroe Harjanto MM tidak hanya menyambangi sejumlah potensi wisata di Cilacap juga aktif melakukan inventarisir potensi prestasi olahraga.

 

Dikatakan pemantauan dan inventarisasi potensi prestasi olahraga perlu dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan keberadaan atlet dari berbagai cabang olahraga sebagai aset daerah yang akan dipersiapkan mampu menghadapi persaingan di berbagai event tidak hanya menjadi penghargaan dan kebanggaan bagi pemerintah kabupaten tapi juga untuk atlet itu sendiri.

 

Revitalisasi sejumlah cabang olahraga tengah menjadi target garapan agar memiliki pemerataan potensi berbagai cabang olahraga dan inventarisasi atlet untuk mengantisipasi atlet potensial dari Cilacap menyeberang ke daerah lain.

 

Dia mencontohkan pemain bulutangkis Susi Susanti asal Majenang menyeberang ke Tasikmalaya. Sekarang dia mencapai prestasi menjadi juara nasional bahkan internasional.  Masih banyak yang lainnya yang dulunya berprestasi di Cilacap maupun di tingkat Provinsi Jateng kini aktif atas nama derah lain.

“Kita harus inventarisir seluruh atlet di berbagai cabang olahraga supaya bisa menjadi aset potensial Cilacap untuk bersaing dengan daerah lain,” kata dia.

Untuk itu dalam waktu dekat pihaknya akan melakukukan koordinasi dengan berbagai induk organisasi olahraga di tingkat kecamatan. Serta berkomunikasi dengan sekolah guna mencari atlet baru.

Pihaknya akan berusaha memenuhi kebutuhan selain berbenah juga  mencari sumber anggaran baik dari pemerintah melalui APBD maupun pihak lain baik itu sponsor maupun   lainnya.(lim)