Iway, Disk Jokey Cilacap

 

Electronik Dance Music (EDM) saat ini sudah sangat familiar bagi anak-anak milenial. Musik elektronik ini juga dikenal identik dengan dunia malam. Adalah M Nur Ikhwan atau yang biasa disapa Iway yang ingin merubah perspektif tersebut. Dia adalah Disk Jokey asal Cilacap yang memiliki misi ingin memajukan musik EDM khususnya di Kota Cilacap.

 

“Bagi sebagian orang menilai DJ itu identik dengan dunia hura-hura dan negatif. Saya ingin memperkenalkan ke masyarakat bahwa musik EDM tidak melulu negatif,” ujar pria asli dari Kecamatan Kesugihan ini.

 

Bahkan, karena cap negatif tersebut banyak sekolah-sekolah yang belum bisa menerima musik elektronik ini. Padahal, kata dia DJ ini bisa dikolaborasikan dengan musik pop, rap, bahkan dangdut.    “Selama ini saya mengisi acara di setiap pensi SMA, dan enggak setiap SMA menerima, karena ya itu tadi DJ identik dengan negatif,” ujarnya.

 

Dia mengaku belajar musik elektronik ini sejak tahun 2014 lalu, meski sudah lama mengenal musik ini. Berawal ada temannya yang menjadi seorang DJ, dan meminta untuk mengajarinya cara memainkan musik bertempo upbeat tersebut.

 

Ternyata, kata dia belajar musik tersebut tidaklah mudah, banyak yang harus dipelajari seperti, cueing, speed hunting, mixing, looping dan cuttig. Meskipun demikian, dia tidak menyerah, bahkan dia juga belajar secara otodidak dari channel you tube. Untuk memperdalam belajar musik ini, dia pun membeli alat DJ sendiri. “Saya termotivasi melihat DJ nasional atau dunia yang bisa menghibur orang banyak, saya ingin seperti mereka, dan saya harus bisa seperti mereka,” ujarnya.

 

Musik elektronik ini, kata dia selalu berkembang dari tahun ke tahun. Selalu bermunculan musik-musik baru. Meskipun demikian, dia memiliki lagi favorit yang selalu disuka, Titanium milik David Guetta yang rilis pada tahun 2011. Kini, dia tidak hanya manggung dari satu pensi ke pensi lainnya, tetapi juga manggung di berbagai acara, baik di cafe, privat party, ulang tahun sekolah, dan juga acara lainnya. (ale)