Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Tri Komara Sidhy diam-diam memiliki kegemaran yang tak banyak diketahui oleh orang lain. Tri Komara yang dikenal luas memiliki jiwa kemanusiaan tinggi ternyata juga “penikmat” media massa. Saking senangnya, Tri Komara kerap membuat kliping berita yang dia sukai. Di antaranya mengkliping berita tentang sepak terjang instusi tempat dirinya bernaung. Yakni BPBD Cilacap.

 

Kliping yang dibuatnya ini, mengambil berita dari koran yang sering di jumpainya seperti SatelitPost, Radar Banyumas maupun Suara Merdeka. Berita yang diambil pun tak sembarangan, yakni berita yang berkaitan dengan BPBD atau bencana yang terjadi di Kabupaten Cilacap.

 

“Seperti ini saya memang hobi sejak kecil, selain dulu ada filateli atau mengumpulkam prangko,” ujarnya.

 

Menurutnya, hal tersebut sangat monumental. Selain hobinya bisa tersalurkan, kliping itu bisa juga memberikan manfaat khususnya untuk kantor. Kadang dalam kurun waktu tertentu, karyawannya untuk ikut membaca kembali berita-berita tentang BPBD atau bencana yang diterbitkan di surat kabar.

 

Kliping tersebut dibuatnya pertama kali sejak menjabat di kantor BPBD Cilacap atau sejak tanggal 04 Agustus 2015. Apa yang telah dibuatnya tersebut memang sangat perlu untuk diketahui oleh seluruh jajarannya. Selain sebagai bahan untuk mengingatkan akan bahaya bencana di Cilacap, sekaligus sebagai bahan evaluasi kerja setiap tahunnya.

 

“Sudah berjalan selama 4 tahun (membuat kliping), sekarang tahun 2019 masih berjalan, ada. Ini juga untuk review bahwa kita telah melakukan kegiatan, dan ada bencana apa saja di Cilacap sebagai evaluasi dan laporan,” katanya. (and)