SOKARAJA, SATELITPOST-Warga Desa Pamijen RT 4 RW 1, Kecamatan Soakraja dikejutkan dengan penemuan granat jenis nanas yang diduga peninggalan zaman perang. Granat tersebut langsung diamankan Polsek Sokaraja, Senin (14/5) malam.

Menurut keterangan Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIK melalui Kapolsek Sokaraja, AKP Kusnadi, granat nanas itu ditemukan pada Kamis (10/5) sekitar pukul 15.00 WIB oleh Rasimun (51), warga Desa Pamijen RT 4 RW 1 ketika sedang bersih-bersih di kebun halam rumahnya.

Kemudian dia melihat granat tersebut dan diambil serta dibawa ke rumahnya. Setelah empat hari, yakni pada  hari Senin (14/5) lalu, sekitar pukul 21.00 WIB granat tersebut ditaruh di samping rumah Rumiyah (68), yang tak lain tetangga dari Rasimun karena merasa takut meledak.

Baca Juga: Warga Banyumas Temukan Granat Aktif di Pekarangan

Hingga kemudian Rasimun melaporkan temuan itu ke Polsek Soakraja. “Setelah kami mendapat laporan tersebut kami langsung menghubungi Genana Brimob Purwokerto untuk mengamankan geranat nanas tersebut,” kata dia.

Setelah diperiksa oleh tim Gegana Brimob ternyata granat nanas tersebut sudah berumur cukup lama. “Saat ini benda tersebut sudah diamankan di Polres Banyumas atas persetujuan dari anggota Gegana Brimob Purwokerto,” ujarnya.(san)