‎Percaya Diri karena Organisasi

Dessy Ratna Fitria, Pradana Putri Pramuka SMK CBM

Bergabung dalam sebuah organisasi memberikan banyak manfaat bagi‎ seseorang. Seperti yang dirasakan seorang siswa SMK CBM, Dessy Ratna Fitria.

Siswi kelas XI yang saat ini mendapat amanah sebagai Pradana Putri Pramuka di sekolahnya ini mengaku sangat bersyukur aktif dalam beberapa organisasi. Sebab, dengan mengikuti organisasi ia memiliki banyak kemampuan yang awalnya sama sekali tidak pernah ia pikirkan.

Seperti rasa kepercayaan diri, berani tampil di depan, mandiri dan lainnya. Dessy mengaku, awalnya ia merupakan seorang yang pemalu. Namun, saat masuk SMK CBM, ia memilih mengikuti beberapa organisasi. “Alhamdulillah sekarang jadi lebih percaya diri,” kata dia.

Bahkan, di saat banyak siswa yang malu dan tidak berbicara di depan,‎ Dessy justru memiliki kemampuan berbicara yang begitu bagus. Kemampuan presentasinya bahkan, telah mengantarkan kelompoknya menjadi juara 1 lomba kompetensi siswa (LKS) Keperawatan tingkat Kabupaten Banyumas.

Meskipun, soft skill tersebut, ‎tidak ia dapatkan secara instan. Sebab, ia harus banyak berkorban untuk tetap menjaga supaya akademik dan kegiatan organisasinya berjalan seimbang.

Ia harus rela mengurangi waktu bermain dan istirahat. Tidur larut malam dan bangun lebih pagi, sudah menjadi rutinitas Dessy. “Sudah biasa,” katanya.

Sewaktu Dessy mendapatkan amanah menjadi Pradana Putri Pramuka, bahkan orangtuanya sempat melarangnya. “Sempat dilarang, tapi terus curhat ngobrol sama ibu, akhirnya ibu membolehkan, asalkan positif dan bermanfaat tidak mempengaruhi akademik, orangtua mendukung,” kata dia.

Aktif di organisasi diakui Dessy memang membuatnya harus tertinggal pelajaran dari teman lainnya.‎ Namun, ia selalu berusaha mengejar ketertinggalannya. “Alhamdulillah bisa mengejar ketertinggalan di kelas,” katanya. (alf)

Komentar

komentar

BAGIKAN