Dyah Sugesti Asisten Redaktur SatelitPost

Belakangan tanda “metal” dengan dua maupun tiga jari jadi sorotan gegara Bupati Purbalingga, Tasdi mengacungkan tangannya saat sedang difoto wartawan. Terang saja hal ini bikin heboh. Banyak yang punya spekulasi sendiri atas arti dari salam “metal” Tasdi.

Sebagai mantan gitaris metalcore Srikandi Disaster dan mantan bassist Sukerpunch yang tak pernah meluncurkan album metal, saya jadi penasaran. Jadi, arti dari salam “metal” ini apa? Jujur sebagai anak metal, saya juga tidak banyak mengerti soal ini.

Wikipedia mencatat, dalam agama Hindu, gerakan tangan dikenal sebagai “Mudra yoga Apana”. Dalam tarian klasik India, gerakan tangan melambangkan Singa. Dalam Buddhisme itu dilihat sebagai gerakan apotropaic yang sangat umum digunakan oleh Buddha Gautama sebagai “Karana Mudra” yang identik dengan pengusiran setan dan penghilangan rintangan seperti penyakit atau pikiran negatif.

Salam metal yang juga dikenal dengan sign of the horns, alias tanda tanduk digunakan selama ritual keagamaan di Wicca, untuk memanggil atau mewakili Dewa Bertanduk.

Di Amerika, tanda ini punya arti lain lagi. “Ini adalah tanda Amerika untuk ‘I love you’,” kata Sarah Murray dari British Deaf Association seperti yang dikutip dari BBC.

Politisi Amerika seperti Barack Obama, Bill Clinton dan Dick Cheney telah difoto menggunakannya dengan cara yang sama, meskipun beberapa percaya bahwa Jimmy Carter adalah eksponen pertama ketika mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 1970-an.

Ketika Obama melayangkan salam ‘metal’ ternyata punya arti yang berbeda, menurut Trevor McCrisken, seorang profesor politik AS di University of Warwick.”Mereka ingin menunjukkan bahwa mereka peduli dengan orang-orang yang perlu menggunakan bahasa isyarat. Jika Anda berada di acara politik di AS, akan ada beberapa orang di bawah penandatanganan depan kepada penonton, jadi mereka lebih berhati-hati  untuk memastikan bahwa setiap orang dengan kebutuhan khusus dipenuhi, ” katanya.

Dalam konser music rock maupun metal, jari telunjuk dan jari kelingking tegak dan ibu jari disandarkan pada kedua jari tengah menjadi pemandangan yang biasa. Ronnie James Dio, yang bernyanyi dengan Black Sabbath dan Rainbow sebelum bikin band sendiri, menjadi orang yang dianggap ‘bertanggung jawab’ dalam mempopulerkan simbol itu. Pasalnya, salam metal kini menjadi simbol umum di kalangan penggemar metal.

Tapi tunggu sebentar, Dio sendiri malah ogah disebut sebagai orang yang pertama dan mempopulerkan logo metal. “Saya yakin seseorang pasti membuat tanda seperti itu di beberapa titik lain. Saya menggunakannya begitu banyak dan sepanjang waktu dan itu menjadi ciri khas saya sampai penonton Britney Spears memutuskan untuk melakukannya juga. Itu BUKAN tanda iblis seperti kita di sini dengan iblis. Ini adalah tradisi dari Italia yang saya dapatkan dari nenek saya yang disebut ‘Malocchio’,”ujarnya seperti yang dikutip dari Wikipedia. Malocchio, sebut Dio adalah cara kuno untuk menangkal Evil Eye atau Mata Setan.

Beda dengan Ronnie James Dio, Gene Simmons dari grup rock KISS justru berusaha untuk mengklaim gerakan tangan “metal” untuk dirinya sendiri. Menurut CBS News, Simmons mengajukan permohonan pada hari Jumat, 16 Juni 2017 dengan Kantor Paten dan Merek Dagang AS untuk merek dagang pada isyarat tangan yang biasa dia gunakan selama konser dan penampilan publik – jempol, telunjuk dan jari kelingking diperpanjang, dengan Jari tengah dan jari manis dilipat ke bawah.

Menurut Simmons, gerakan tangan ini pertama kali digunakan dalam perdagangan – oleh dia – pada 14 November 1974. Dia mengklaim gerakan tangan harus bermerek dagang untuk “hiburan, yaitu pertunjukan langsung oleh seorang artis musik dan penampilan pribadi oleh seorang artis musik. Namun belakangan dikabarkan, Simmons meninggalkan aplikasi ini pada 21 Juni 2017.

Jadi artinya I Love You apa usir setan? Atau malah metal, mencuri total? Apapun itu, salam metal maupun sign of the horns ini memang sudah sangat populer di kalangan pecinta music rock maupun metal. Tapi semoga tidak menjadi populer di kalangan koruptor.(sugestisatelitpost@gmail.com)