Sinergi Bersama Membangun Desa

Pembangunan desa diperlukan sinergitas antarbeberapa elemen. Sinergitas tersebut akan membangun kerjasama yang harmonis dalam melaksanakan program pemerintah desa. Harapannya dengan sinergitas itu juga bisa mewujudkan pembangunan yang menyejahterakan.

Pandangan itu seperti diungkapkan pendamping Desa Hanum Kecamatan Dayeuhluhur Ceceng. Dia menyatakan begitu kompleksnya persoalaan dalam pengelolaan pemerintah desa. Semua tidak bisa hanya dilaksanakan oleh kepala desa seorang diri. Bahkan, jika dibantu perangkat desa pun belum tentu maksimal.

Hal tersebut selain karena faktor luas wilayah, potensi desa, juga faktor keterbatasan sumber daya manusia yang meliputi personal, kemampuan, dan pengetahuan, juga ikut berpengaruh dalam menjalankan pemerintahan desa.

Oleh karena itu dalam mengelola desa tidak bisa dilakukan oleh seorang diri. Menurutnya, diperlukan sebuah tim yang solid dengan semangat kebersamaan menuju desa yang maju dan sejahtera bersama seluruh masyarakat.

Menjadi pendamping desa merupakan sebuah tekad dan tanggung jawab sekaligus panggilan jiwa anak desa yang menginginkan desanya maju. “Selain panggilan tugas sebagai pendamping desa juga didorong rasa memiliki dan mencintai desa untuk bersama membangun desa,” katanya.

Ditambahkannya, untuk mewujudkan cita-cita masyarakat desa yang maju dan sejahtera dia akan selalu menjadi pendamping desa yang  setia sinergi bersama kepala desa, perangkat desa, dan masyarakat. (lim)

Komentar

komentar