Dyah Sugesti Asisten Redaktur SatelitPost

Tahun lalu rendang menjadi makanan terenak pertama di dunia, menurut peringkat yang dibikin situs berita CNN. Rendang menjadi makanan dari Indonesia, selain nasi goreng yang bisa dibilang mendunia. Bahkan saking populernya, seorang warga Norwegia, Audun Kvitland Rostad membuat lagu berjudul Nasi Padang, yang menceritakan kecintaannya pada rendang.

Makanan asal Padang ini memang mudah ditemukan dimana-mana di seluruh penjuru nusantara. Bahkan di kota Purwokerto sendiri, tak terhitung rumah makan Padang yang menyediakan rendang. Hidangan ini memang sangat dekat dengan kita. Siapa sangka, gara-gara rendang pula, berbagai negara asal Asia Tenggara bersatu.

Rendang, belum lama ini ternyata jadi topik yang hangat di dunia maya. Bahkan berkat rendang, dua netizen dari negara Malaysia dan Indonesia mendadak jadi kompak. Para warganet dari berbagai belahan dunia bersatu padu membela rendang.

Polemik soal rendang ini awalnya berasal dari kompetisi di Masterchef UK. Hal ini bermula saat perwakilan peserta dalam kontes memasak itu menyajikan rendang ayam. Satu diantara juri, Gregg Wallace mengatakan ayam pada rendang itu tidak krispi.

Peserta kelahiran Malaysia, Zaleha Kadir Olpin, menyiapkan ayam rendang dengan nasi lemak, dia dieliminasi dari kompetisi setelah juri Wallace dan John Torode mengkritik makanannya.  “Saya suka rasa rendang, ada rasa manis kelapa. Tapi kulit ayamnya tidak garing (crispy, red). Jadinya tidak bisa dimakan dan semua sausnya menempel di kulit jadi saya tidak bisa memakannya,” kata Wallace di acara itu, seperti yang dikutip dari Malay Mail Online.

Pernyataan Gregg Wallace memicu reaksi keras dari para warganet. Banyak yang tidak terima kalau rendang dibilang krispi. Bahkan tak hanya netizen biasa. Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Menteri Luar Negeri Anifah Aman dan  Komisioner Tinggi Inggris untuk Malaysia Vicki Treadell juga ikut berpendapat dalam kontroversi itu. Mereka mengatakan tidak ada rendang crispy yang renyah dan garing.

Pada beberapa media asing, Wallace sempat menyampaikan pendapatnya soal pernyataan ‘crispy’ itu sendiri. Ia tidak menyarankan agar kulit ayam rendang dibuat crispy, tapi daging ayam yang disajikan saat itu kurang matang. Sehingga, ia mengaku tidak bisa menikmatinya.

Bahkan berkat rendang, dua netizen dari negara Malaysia dan Indonesia mendadak jadi kompak. Para warganet dari berbagai belahan dunia bersatu padu membela rendang.

Meski demikian , netizen asal Malaysia sudah terlanjur banyak yang geram, begitu pula di Indonesia. Rendang ayam banyak ditemui di kedua negara ini. Meski di Indonesia, rendang lebih identik dengan daging sapi. Namun baik di Indonesia maupun Malaysia, tidak ada rendang dengan kulit ayam krispi yang renyah ala restoran fastfood Amerika.

Banyak yang menyayangkan sikap juri acara Masterchef UK itu. Mereka dianggap tidak menghargai makanan tradisional bangsa. Bahkan selain Indonesia dan Malaysia, netizen asal Singapura dan Brunei Darussalam juga tidak terima dengan pernyataan dari juri dalam acara itu.

Gegara hal ini, netizen dari dua negara yang biasanya saling berseteru dan saling klaim ini itu, jadi akur. Topik ini pun jadi bahan perbincangan selama beberapa pekan. Ternyata makanan tradisional seperti rendang pun bisa membawa ‘persatuan’. ([email protected])