Ilustrasi Grafis Boodie Sipon

Dalam hidup ini, semua bermula dari suatu kesederhanaan. Lalu teknologi mengubah kesederhanaan itu menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat dalam segala aspek kehidupan manusia. Dunia ini seakan tak lepas dari informasi dan sangat membutuhkan kehadiran teknologi untuk mengolah informasi tersebut. Sehingga pada akhirnya kita harus mengkonsumsi teknologi informasi juga komunikasi lebih jauh. Konsumsi teknologi menjadikan teknologi semakin canggih seiring perkembangan zaman. Bahkan dengan kecanggihan itu, kita semakin mudah mendapatkan informasi dan semakin mudah untuk berkomunikasi. Teknologi juga menjadikan kita seolah-olah hidup tanpa jarak, semua terasa dekat dengan kehadiran teknologi.

Oleh : Phyrigiant Richo Albarzani

Mahasiswa ITT Telkom Purwokerto

Awalnya teknologi hanya untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuhannya, tetapi seiring perkembangan zaman, terjadilah pengalihan fungsi teknologi. Seperti handphone, dulu handphone hanya digunakan untuk sarana berkomunikasi dan hanya digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu yang biasanya adalah pebisnis yang  sangat membutuhkan handphone. Namun, seiring perkembangan zaman, handphone kini semakin lengkap dengan adanya fitur-fitur menarik yang digunakan oleh semua kalangan terutama kalangan remaja. Handphone kini bukan sekadar alat komunikasi melainkan sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat .

Kini, dunia handphone adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagi, hiburan berupa gambar, suara, games, tulisan, musik serta video. Di samping harga yang ditawarkan cukup terjangkau, handphone dilengkapi fitur-fitur seperti internet, games, musik, video, kamera,  dll sebagai penunjang kemajuan teknologi. Hanya dengan handphone, kita dapat mengusung banyak informasi melalui fitur handphone  yang disebut internet. Internet merupakan sumber informasi ter-update tetapi jangan percaya sepenuhnya karena ada juga yang belum pasti keberadaannya. Kini handphone didominasi dengan fitur internet terutama jejaring sosial seperti facebook dan instagram. Facebookdan instagram  kini sahabat karib seorang remaja di hidup ini. Di kalangan remaja, handphone digunakan sebagai alat komunikasi yang multifungsi, Karena multifungsi tersebut, para remaja dapat menggunakannya secara positif dan negatif  yang tergantung pada setiap individu. Namun, kini remaja sangat rawan akan dampak yang ditimbulkannya terutama dampak negatif dari penggunaan handphone itu. Hal ini dikarenakan sifat remaja yang cenderung ingin mencoba hal-hal baru dan faktor usia yang rawan akan pengaruh dari luar/lingkungan mereka.

Dulu anak sekolah ketika berangkat sekolah,  mereka membawa buku tetapi sekarang malah handphone yang dibawanya. Seakan-akan handphone adalah barang wajib yang harus mereka bawa, entah alasan mereka benar-benar membutuhkannya atau sekadar dibawa sebagai gaya hidup mereka supaya tetap percaya diri. Namun jika kita perhatikan, sangat banyak masyarakat dari berbagai kalangan tidak ketinggalan akan teknologi yang bermunculan di dunia ini. Satu penyebabnya adalah teknologi itu sendiri yang dapat menyebarluaskan melalui  media-media teknologi. Kini, berbagai kalangan tidak hanya memiliki satu handphone saja melainkan lebih dari satu handphone. Padahal,  jika para pengguna handphone menggunakan handphone sebagaimana mestinya, tidak perlu lagi membeli bnayak-banyak handphone yang menguras kantong para pengguna.

Kita juga sering melihat di jalan raya, para pengendara banyak juga yang  menyalahgunakan handphoneyaitu pada saat berkendara, mereka dengan lihai memainkan handphone-nya seperti menelpon, mengirim pesan teks ataupun mengakses internet. Padahal, hal ini dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas karena mereka tidak fokus berkendara melainkan fokus  dengan handphone. Selain itu, peristiwa penyalahgunaan handphone pada saat proses belajar mengajar di lembaga pendidikan formal juga ada. Pada saat pengajar menerangkan di depan kelas, ada salah seorang pelajar yang sedang asyik bermain handphone. Mereka sebagian besar mengakses  internet, games, bahkan sedang ber-SMS atau chatting ria dengan temannya. Hal ini sangat berdampak buruk terhadap prestasi pelajar tersebut,  bisa jadi nilainya buruk karena tidak mengerti materi apa yang telah disampaikan. Bahkan, pada saat ujian, ada juga seorang pelajar menyalahgunakan handphone dengan saling bertukar jawaban melalui pesan teks.

Banyak dari kita yang sering meletakkan handphone di sebelah kita pada saat tidur. Padahal hal ini mengakibatkan radiasi radioaktif ke tubuh. Hal ini secara tidak sadar sudah termasuk kebiasaan buruk para pelajar.Sebenarnya, ketika handphone aktif, handphone akan menghantarkan gelombang radio kepusat handphone dan gelombang tersebut akan terserap oleh tubuh kita yang berdampak buruk terhadap kesehatan. Proses ini disebut radiasi handphone. Penggunaan handphone di sisi lain memang sangat berguna di hidup ini.  Namun, karena handphone kerap didekatkan dengan bagian otak, telinga, maka semua juga harus waspada akan dampak radiasi yang tertimbun dari hari ke hari. Menggunakan handphone terlalu lama juga dapat memicu penyakit mata karena mata yang terus menerus melihat ke layar handphone.

Sudah banyak para pelajar memiliki handphone. Darimana handphone tersebut? Pasti dari orang tua mereka. Maka dari itu, orang tua juga harus turun tangan dalam mengatasi dampak negatif penggunaan handphone.Dalam penggunaan handphone, secara tidak sadar sudah banyak waktu luang mereka tersita karena handphone itu sendiri. Selain waktu yang tersita, uang pun tersita untuk membeli pulsa dan paket internethandphone mereka. Para pelajar semakin tergiur oleh tawaran-tawaran operator yang berlomba-lomba memberikan gratisan-gratisan seperti gratis SMS, gratis telepon dan gratis internet kepada penggunanya. Selain itu, para pelajar juga tergiur dengan fitur-fitur yang canggih di setiap handphone.

Semua itu sebagian kecil dari contoh peristiwa penyalahgunaan handphone beserta dampaknya. Ada beberapa cara untuk terhindar dari jeratan teknologi handphone, yaitu: pada saat di sekolah, sebaiknya para pelajar mematikan handphonenya jika tidak diperlukan; para pelajar harus belajar sebaik mungkin supaya lancar pada saat ujian; para pelajar harus mampu membagi waktunya untuk belajar dan bersantai; mengakses internet jika ada perlunya saja, seperti mencari informasi tentang materi pelajaran; biarkan orang tua memeriksa handphone para pelajar; mempertimbangkan seberapa besar pulsa yang akan terbuang dengan situasi dompet kita; tidak memaksa orang tua untuk menuruti kemauan kita seperti membelikan handphone baru, memaksa orang tua untuk membelikan pulsa atau lain sebagainya; tidak terpengaruh oleh ajakan teman untuk mengakses situs-situs terlarang.

Kesimpulan dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perkembagan teknologi sekarang yang cukup modern dapat mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia. Maraknya HP sekarang juga sudah merusak akhlak pelajar di negeri kita. Disarankan bahwa menggunakan HP lebih baik tidak pada waktu belajar dan jauhkanlah anak dari suka melihat dan menggunakan HP dengan tidak seharusnya/semestinya.(*)