KETUA PMI Banjarnegara, Setiawan, memakaikan rompi kepada relawan KSR PMI Banjarnegara yang baru, Kamis (7/2).
KETUA PMI Banjarnegara, Setiawan, memakaikan rompi kepada relawan KSR PMI Banjarnegara yang baru, Kamis (7/2).

BANJARNEGARA, SATELITPOST – Setelah menjalani proses pendidikan, sedikitnya 40 relawan baru PMI Kabupaten Banjarnegara dikukuhkan oleh ketua PMI Banjarnegara, Kamis (7/2). Pengukuhan dilakukan setelah seluruh peserta, dinyatakan lulus dalam tahapan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Korps Sukarela.

“Kami ucapkan selamat datang dan bergabung di keluarga besar PMI Kabupaten Banjarnegara, yakinlah bahwa menjadi relawan adalah panggilan jiwa bukan keterpaksaan,” kata Ketua PMI Banjarnegara, Setiawan.

Proses pengukuhan dan pelantikan ditandai dengan pengumuman kelulusan peserta pendidikan dan pelatihan dasar korps sukarela yang ditempuh 120 jam pelajaran.

Ketua panitia kegiatan KSR PMI Banjarnegara, Yudiono mengatakan,  relawan baru diharapkan dapat langsung berorientasi dengan relawan yang sudah terlebih dahulu bergabung.

“Jangan canggung, karena saat ini kita satu korps atau kesatuan relawan PMI Banjarnegara,” ujarnya.

Komandan KSR PMI Banjarnegara, Teguh Feriyanto berharap, seluruh ilmu yang diperoleh selama pendidikan dan pelatihan dasar dapat diserap optimal, diaplikasikan, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu sesama.

 

Kunjungan ke PMI Kabupaten Tegal

PMI Banjarnegara, juga melakukan study banding dengan PMI Kabupaten Tegal guna meningkatkan kualitas pelayanan. Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara, Setiawan mengatakan, kunjungan kerja tersebut sebagai sarana silaturahmi sekaligus peningkatan performa PMI menuju pelayanan prima dan tata kelola organisasi lebih baik.

“Ada beberapa alasan memilih PMI Kabupaten Tegal,  selain pencapaian bulan dana yang meningkat dari tahun ke tahun hingga level Rp 1,6 miliar tahun ini, tata kelola organisainya lebih baik serta berbagai identifikasi pelayanan lainya,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, beberapa bidang yang dibedah antara lain teknis dan mekanisme bulan dana, pelayanan kesehatan dan sosial kemasyarakatan, sumber daya manusia, organisasi, pengelolaan relawan, manajemen tanggap darurat bencana dan upaya peningkatan transfusi darah.

Ketua PMI Kabupaten Tegal, Imam Sisworo mengaku, sangat mengapresiasi kehadiran  rombongan pengurus PMI Banjarnegara dan berharap kerja sama,  silaturahmi dan jejaring organisasi dapat terus berjalan baik.

Lewat kunjungan kerja tersebut, diharapkan komunikasi dan visi-misi PMI dapat terwujud, saling melengkapi segala kekurangan, dan mengambil apa yang dapat diterapkan agar PMI berkarakter, profesional, mandiri dan dicintai dapat melekat. (oel)

Kepsen: Ketua PMI Banjarnegara, Setiawan, memakaikan rompi kepada relawan KSR PMI Banjarnegara yang baru, Kamis (7/2). Istimewa