SEJUMLAH nelayan di Cilacap saat mengikuti Pelatihan Teknik Nautika dan Teknik Mesin di Balai Pertemuan Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan, Senin (14/5). SATELITPOST/AHMAD ANDRIAN

CILACAP, SATELITPOST- Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap menggelar Pelatihan Teknik Nautika dan Teknik Mesin untuk para nelayan di Balai Pertemuan Kelurahan Sidakaya Kecamatan Cilacap Selatan, Senin-Selasa (14-15/5/2018).

Kegiatan ini diikuti oleh 45 peserta dari nelayan PPC, Sidakaya, Sentolokawat, PPL dan PPB. Serta ditambah 5 peserta dari penyuluh perikanan sebagai pendamping.

Seksi Pemberdayaan Nelayan Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap, Saiful Purnamaji mengatakan, kebanyakan nelayan di Cilacap masih menggunakan ilmu pengalaman yang didapat dari lingkungan, orangtua atau rekan nelayan lain saat melaut.

“Dengan ilmu teknik nautika pelayaran, nelayan diharapkan bisa memanfaatkan GPS (Global Positioning System) sehingga tidak terkendala dengan masalah cuaca dari dan menuju fishing ground atau tempat penangkapan ikan,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini fishing ground sudah semakin ke tengah dan bisa mencapai 4 mil lebih dari bibir pantai. Hal tersebut dikhawatirkan, terutama nelayan kecil tidak bisa kembali ketika cuaca tiba-tiba berubah karena mereka tidak ada patokan arah kembali.

“Untuk nelayan kecil jika masih 4 mil titik suar dan titik api dari Pertamina bisa menjadi patokan. Tapi kalau di luar itu atau di tengah laut, sudah tidak ada lagi titik yang bisa menjadi patokan untuk kembali. GPS ini lah yang bisa memandu,” kata dia.

Sementara untuk pelatihan teknik mesin, diharapkan nelayan mampu merawat dan melakukan perbaikan kecil secara mandiri. Sehingga akan mengurangi biaya operasional dan meningkatkan pendapatan nelayan.

“Ke depan dengan mengurangi biaya operasional, dan tidak terkendala lagi dalam pelayarannya produksi bisa meningkat. Sehingga kesejahteraan nelayan semakin meningkat,” katanya.(and)