BATITUUD Koramil 14 Cimanggu Pelda Muslih bersama PPL dan Kelompok Tani Jaya Dusun Sudimara, Desa Bantarmangu, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap melakukan panen raya padi, Selasa (27/2).SATELITPOST/TASLIM INDRA

CIMANGGU,SATELITPOST-Personel Babinsa dari  Koramil 14/Cimanggu, bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) dan Kelompok Tani Jaya Dusun Sudimara Desa Bantarmangu, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap melakukan panen raya padi, Selasa (27/2).

Batituud Pelda Muslih didampingi Babinsa Desa Bantarmangu Serda Carnoyo mengatakan sawah yang dipanen merupakan lahan milik Kelompok Tani Jaya seluas 357 ubin dengan varietas padi Muncul dengan hasil mencapai 1,7 ton. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai pendampingan dalam panen padi yang merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab seorang Babinsa.

Diharapkan dengan adanya pendampingan dari para Babinsa Koramil 14/Cimanggu hasil panen cukup bagus, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat. “Kami Babinsa dari Koramil 14 Cimanggu akan selalu membantu petani untuk meningkatkan hasil panen yang semakin baik dan terus  meningkat,” katanya.

Dikatakan dalam musim tanam kali ini petani tidak menemukan kendala. Bahkan dengan curah hujan yang cukup didukung dengan bibit padi unggul serta pupuk dari Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap hasilnya sangat memuaskan. “Dua kali lipat dari panen sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Jaya Darmono  mengaku sangat senang dengan adanya bantuan dari Babinsa dan PPL yang terjun langsung membantu para petani. Babinsa dan PPL memberikan penyuluhan dan bimbingan tentang cara bertani agar hasil yang didapat bisa lebih maksimal. “Kami berharap pendampingan ini terus berlanjut agar para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional dan  tidak sampai kekurangan pangan,” katanya. (lim)