KEPALA Badan Kesbangpol Kabupaten Cilacap Drs. Wijonardi HS,MSi saat pemaparan sosialisasi Pengendalian Keamanan Lingkungan di Kecamatan Cimanggu.Rabu,(11/10).

CIMANGGU, SATELITPOST-Badan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cilacap menggagas pembentukan Desa Pancasila untuk peningkatan ketahanan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kesbangpol Cilacap Drs Wijonardi HS MSi usai menyampaikan materi kegiatan sosialisasi pengendalian keamanan lingkungan bagi Ormas, LSM, tokoh agama, tokoh mayarakat, tokoh pemuda, dan aparat pemerintahan tingkat Kecamatan Cimanggu, Rabu (11/10).

Dijelaskan Desa Pancasila adalah suatu proses  strategi peningkatan ketahanan masyarakat terhadap semua tantangan, rintangan, hambatan, dan gangguan. Harapannya, masyarakat tidak mudah terpengaruh terhadap ajaran-ajaran yang bertentangan dengan Pancasila.

Dia mengatakan, Desa Pancasila menjadi masif dan intensif dalam mengatasi radikalisme di Cilacap dalam jangka panjang melalui penanaman nilai dan pola pikir ideologi Pancasila. Pananaman nilai itu akan dilakukan pada seluruh tatanan kehidupan masyarakat dengan melibatkan semua stakeholder yang Pancasilais.

Dia mengatakna, Pancasila sebagai ideologi negara bukan hanya tanggung jawab orang perorang, TNI, Polri, Pemkab, dan komponen masyarakat. Tapi, menjadi tanggung jawab segenap orang yang cinta tanah air. “Juga mereka yang menghargai jasa-jasa para pahlawan yang sudah menegakkan negara ini,” katanya.

Sedangkan yang menjadi karakter Desa Pancasila adalah menggunakan parameter nilai, sistem, dan tata cara Pancasila. Indikatornya menjadi desa yang harmonis tanpa konflik sekecil apapun. Desa mampu membicarakan konflik melalui diskusi dan musyawarah karena di situ ada masyarakat yang dipimpin oleh hikmad dalam kebijaksanaan permusyawaratan perwakilan.

Lebih lanjut dikatakannya Bupati Cilacap selaku kepala daerah memiliki tugas dan tanggung jawab  konstitusional. Bupati bertugas menjaga, melestarikan, dan memelihara nilai-nilai Pancasila yang tertuang dalam Undang-undang.

Untuk itu pembentukan Desa Pancasila di Cilacap didasari oleh Peraturan Bupati (Perbup) sudah dalam proses penandatanganan. Dari perbup tersebut akan dibentuk tim Pembina Desa tingkat kabupaten, kecamatan, dan menentukan tiga desa sebagai desa binaan sekaligus sebagai laboratorium untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

Dia mengatakna, untuk tingkat pembina meliputi tingkat kabupaten, kecamatan, dan pelaksana pokja desa dengan melibatkan kepala desa, lembaga desa, tokoh masyarakat, ormas, dan lain-lain.

Sementara itu pelaksanaan sosialisasi pengendalian keamanan lingkungan tingkat Kecamatan Cimanggu dilaksanakan di Pendapa Kantor Kecamatan Cimanggu. Acara itu dihadiri Forkompimca, kepala desa, perangkat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ormas, dan LSM.

Narasumber acara itu adalah Kepala Kesbangpol Drs Wijonardi, Camat Cimanggu Budy Haryanto SSos MM, Danramil 14 Cimanggu Letkol Agus Santoso, dan Kapolsek Cimanggu AKP Darsono SL.

Dalam sambutannya camat menyampaikan agar peserta yang mengikuti Sosialisasi bisa menjadi humas di lingkunngannya masing-masing dalam menjaga keutuhan NKRI dan Pancasaila. Hal yang sama juga disampaikan Kapolsek Cimanggu agar masyarakat turut berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan karena keterbatasan personel polisi.  (lim)

Komentar

komentar